Aparat Bersinergi Semprot Disinfektan

Senin 30-03-2020,21:00 WIB
Reporter : Agus Rahmat
Editor : Agus Rahmat

TAK henti-hentinya petugas keamanan mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19. Selain membubarkan masyarakat yang berkumpul setiap malam, Bhabinkamtibmas dan Babinsa di seluruh desa dan kelurahan yang ada di Cirebon juga melakukan penyemprotan disinfektan bekerjasama pemerintah desa setempat.

Baik di wilayah hukum Polresta Cirebon maupun Polres Cirebon Kota, polisi bersama TNI serta aparat desa maupun Satpol PP untuk melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa titik yang sering dijadikan aktivitas sehari-hari. Seperti halnya kantor desa, Masjid, dan beberapa tempat lainnya.

Kapolres Cirebon Kota (Ciko) AKBP Syamsul Huda melalui Kasubag Humas Iptu Ngatidja mengatakan pihaknya menerjunkan anggota Bhabinkamtibmas dalam melaksanakan penyemprotan disinfektan di ruang-ruang publik sebagai langkah kewaspadaan dan mencegah Covid-19. “Sesuai perintah Pak Kapolres, kami memang harus turun aktif. Para Bhabinkamtibmas misalnya, juga turun melaksanakan penyemprotan disinfektan di ruang ruang publik,” katanya, kemarin.

Ia menegaskan siapa pun saat ini jangan memandang remeh adanya penyebaran virus corona yang cukup signifikan. “Kita perlu mewaspadai bersama-sama. Dan jangan lupa, senantiasa menjaga kebersihan lingkungan. Dimulai dari diri kita sendiri, keluarga, dan lingkungan yang lebih luas,” jelas Ngatidja.

Tidak hanya penyemprotan disinfektan, pihaknya juga mensosialisasikan dan memberikan penjelasan akan tujuan Maklumat Kapolri untuk pencegahan penyebaran virus corona. “Kami meminta masyarakat mematuhi Maklumat Kapolri. Yaitu tidak mengadakan kegiatan sosial masyarakat yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi melalui Kasubag Humas Iptu M Soleh juga mengatakan hal senada. Soleh menjelaskan, tidak hanya Bhabinkamtibmas di lingkungan Polresta Cirebon saja. Di setiap desa, Bhabinkamtibmas bersinergi dengan Babinsa melakukan berbagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.

“Kami Bhabinkamtibmas dan Babinsa di Kabupaten Cirebon juga melakukan penyemprotan disinfektan di desamasing-masing. Itu sudah dilakukan dari hari Jumat lalu hingga saat ini. bahkan masih ada yang melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa tempat ruang-ruang publik,” katanya, kemarin.

2

Soleh juga mengimbau agar masyarakat Kabupaten Cirebon menaati yang tertera dalam Maklumat Kapolri dan saran dari pemerintah dalam pencegahan virus corona. “Lebih baik di rumah. Kalau tidak terlalu penting, jangan keluar ataupun berkumpul dengan banyak orang,” pesannya. (cep)

Tags :
Kategori :

Terkait