Usul Karantina Wilayah DKI Jakarta Ditolak

Selasa 31-03-2020,10:04 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

JAKARTA - Usulan tertulis dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk karantina wilayah ditolak. Pemerintah lebih memilih pembatasan sosial dalam skala besar.

\"Keputusan mengenai karantina wilayah itu ada di kewenangan pemerintah pusat, kami di DKI Jakarta memang mengusulkan itu. Kami menyampaikan surat terkait dengan itu,\" kata Anies saat jumpa pers, di Balai Kota, Jakarta.

Di dalam usulan ke pemerintah pusat itu, Anies menyebut ada beberapa sektor kebutuhan mendasar di DKI yang harus tetap berjalan. Di antaranya sektor kesehatan hingga pangan.

Juru bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman menjelaskan, meski karantina DKI Jakarta ditolak terapi pemerintah daerah masih bisa menerapkan isolasi terbatas di wilayahnya. Isolasi itu diberlakukan di tingkat RT/RW atau desa.

Selain itu, PP Karantina Wilayah, yang sebelumnya disebut tengah disiapkan pemerintah, juga tak dibahas dalam rapat terbatas. Pembahasan hanya terkait pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar dan aturan mengenai mudik.

\"Otomatis sekarang tidak dibahas. Yang tadi dibahas PSBB pendisiplinan hukum saja, kemudian yang kedua dibahas tadi tentang keppres dan inpres mengenai mudik Lebaran,\" kata Fadjroel. (yud)

Tags :
Kategori :

Terkait