Merawat Riding Gear Selama WFH

Senin 13-04-2020,15:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Dengan kondisi seperti sekarang ini, membuat hampir seluruh kegiatan berhenti dan mengharuskan kita untuk berdiam dirumah. Hal tersebut menghentikan hampir seluruh aktivitas yang biasa dilakukan ketika kita akan berpergian ke kantor atau ke tempat manapun yang biasa dikunjungi menggunakan motor sehari-hari.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma menuturkan, biasanya selama pergi menggunakan sepeda motor, untuk selalu #Cari_Aman kita harus selalu menggunakan perlengkapan riding gear yang melekat di tubuh kita agar aman dan nyaman dalam berkendara. Riding gear yang wajib digunakan di dalam berkendara adalah helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu.

Dalam kondisi Work From Home (WFH) seperti sekarang ini, bisa dimanfaatkan untuk memperhatikan kebersihan riding gear. “Banyak pengendara sepeda motor langsung menyimpan perlengkapan berkendaranya seperti jaket, helm, sarung tangan dan bahkan ada yang menyimpan ditempat yang tidak semestinya,” tutur Ludhy Kusuma, kepada Radar Cirebon.

Padahal, lanjutnya, itu berisiko merusak, karena keringat masih menempel di permukaan lapisan kulit riding gear. Terutama pada saat kondisi hujan, sehingga membuat kelengkapan berkendara menjadi basah.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat diantaranya saat tiba dirumah, jaket, sarung tangan, dan sepatu yang basah sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu dan di simpan di ruangan yang terbuka, dengan kondisi cahaya lampu yang cukup.

Tentunya, agar tetap menjaga kondisi ruangan tetap hangat yang membantu riding gear tersebut cepat menjadi kering. Namun bila kondisi riding gear tersebut dalam kondisi yang kering cukup dibersihkan dengan menggunakan lap.

Untuk helm sebaiknya di lap dan dibersihkan dahulu terutama bagian kaca agar tidak ada kotoran yang menempel yang pada akhirnya dapat menyebabkan kaca menjadi berjamur. “Untuk bagian dalam dari helm yang bisa dibuka sebaiknya dijemur dan dibersihkan agar kering dari keringat setelah berkendara,” jelas Ludhy.

2

Disarankan pula menggunakan pengharum khusus untuk tetap menjaga kondisi kelembapan permukaan dari riding gear tersebut.

Bila diperlukan juga bisa menggunakan cairan disinfektan dengan cara dilap ke bagian-bagian yang dirasa sering disentuh dan terlihat kotor. “Hal ini juga perlu dilakukan secara rutin terutama untuk jaket, sarung tangan, dan sepatu dengan bahan kulit  agar kondisinya tetap nyaman digunakan,” kata Ludhy. (via)

Tags :
Kategori :

Terkait