Gugus Tugas Covid-19 Pasok 500 Nasi Perhari

Senin 20-04-2020,16:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON – Kabupaten Cirebon punya dapur umum. Setiap harinya dapur lapangan Gugus Tugas Covid-19 tersebut, memasok sedikitnya 500 nasi bungkus untuk warga yang membutuhkan di Kabupaten Cirebon.

Dapur lapangan tersebut merupakan gabungan dari berbagai unsur dan elemen yang ada di Pemkab Cirebon. Mulai TNI, Polri, Pemkab Cirebon hingga unsur dari masyarakat pun dilibatkan. Saat ini, dapur lapangan tersebut ada di Mako Kodim 0620.

Dandim 0620 Kabupaten Cirebon, Letkol Arh Adhie Kurniawan SE MHan kepada Radar mengatakan, dapur lapangan tersebut didirikan dan dioperasikan atas inisiatif bersama dengan dasar untuk membantu masyarakat dan pihak-pihak lainnya dalam menghadapi Covid-19 di Kabupaten Cirebon.

“Dapur lapangan ini sudah berjalan dua hari terakhir. Tujuannya untuk membantu masyarakat. Ini gabungan tidak hanya dari Kodim. Ini karena bencana merupakan urusan bersama yang penanganannya juga harus dilakukan dengan bergotong-royong,” ujar Adhi, kemarin.

Ditambahkan Adhi, pemilihan lokasi dapur lapangan tersebut sudah mempertimbangkan beberapa aspek. Di antaranya Makodim Sumber berada di tengah wilayah Kabupaten Cirebon, sehingga mudah mencapai pelosok wilayah di Kabupaten Cirebon.

“Setiap hari kita pasok 500 nasi bungkus maupun nasi kotak dengan sasaran warga kabupaten yang membutuhkan. Dari mulai tukang becak, ojek, sopir angkutan umum, maupun pedagang,” imbuhnya.

Selain itu, sasaran distribusi yang dilakukan adalah memberikan bantuan kepada masyarakat yang melakukan isolasi mandiri karena keluarga yang bersangkutan meninggal dunia dalam status PDP.

2

“Selain untuk keluarga PDP yang mengisolasi mandiri, beberapa desa yang warganya baru pulang dari perantuan yang saat ini mengisolasi mandiri, juga kita berikan bantuan,” ungkapnya. (dri)

Tags :
Kategori :

Terkait