Polisi Sudah Ciduk Pelaku Pembuang Bayi Dekat TPQ Kalijaga

Senin 04-05-2020,19:30 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Sesosok bayi ditemukan di depan TPA/TPQ Infarul Ghoyyi di Jl Silakaca, Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Minggu (3/5). Bayi dengan jenis kelamin perempuan ini tergeletak di halaman TPA/TPQ dengan kondisi sehat.

Meskipun terdapat bercak darah yang diduga bekas pemotongan plasenta atau ari-ari bayi yang masih merah tersebut.

Bidan Nukke Indrayani langsung menangani bayi itu. Kebetulan lokasi praktik bidan Nukke tak begitu jauh dengan tempat penemuan sang bayi.

Nukke mengatakan, saat dibawa ke kliniknya, bayi tersebut kondisinya sehat. Meskipun sudah tidak ada ari-ari, bayi dengan berat 2,3 kg dan panjang 46 cm tersebut masih terdapat tali pusar yang belum dipotong.

Diperkirakan, bayi tersebut baru dilahirkan karena tali pusarnya terlihat masih basah. “Melihat kondisinya sih, bayi tersebut kelihatannya sudah cukup bulan,” ungkap Nukke kepada Radar.

Baca juga: Warga Temukan Bayi Dekat TPQ Kalijaga Kota Cirebon

Warga setempat, Ikhsan, menuturkan, penemuan itu pada siang hari sekitar pukul 14.00. Di mana kondisi di lokasi tempat kejadian perkara (TKP) sedang sepi. Saat ditemukan bayi perempuan itu hanya berselimutkan kain berwarna putih dan juga jaket warna biru.

2

Menurut Ikhsan, bayi itu tersebut awalnya ditemukan oleh salah seorang wali murid yang mengantarkan anaknya untuk mengaji di TPA. Setelah mendapati ada bayi di halaman TPA/TPQ, wali murid tersebut langsung memberitahukanya kepada pengasuh TPA/TPQ tersebut, yakni H Mustofa.

Sebelumnya, kata Ikhsan, warga mengira kalau sesosok bayi tersebut merupakan boneka. Tak ada yang mengira jika sosok yang tergeletak itu adalah bayi manusia yang diperkirakan baru saja dilahirkan.

“Awalnya dikira boneka tapi setelah didekati ternyata bayi manusia. Langsung ramai, banyak orang yang ingin lihat. Setelah dilaporkan, dibawa ke klinik,” ungkapnya.

Terpisah, Kapolsek Selatan Timur Kompol Didi Suwardi melalui Panit Reskrim Iptu Juntar Hutasoit SH MH memastikan pelaku sudah ditangkap. Meski demikian, detail pelaku, masih dirahasiakan. (war)

Tags :
Kategori :

Terkait