Ngaji Alquran Sepanjang Ramadan

Sabtu 16-05-2020,19:02 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON- Ramadan di tengah pandemi Covid-19 bukan penghalang untuk beraktivitas. Masih banyak hal yang bisa dilakukan. Seperti memanfaatkan siaran televisi. Itu pula yang dilakukan RTQ At Taqwa Kota Cirebon. Kerja sama dengan Radar Cirebon Televisi (RCTV), menghadirkan acara Ngaji Ning Tipi.

Ya, program ini merupakan kerja sama RCTV dengan RTQ At Taqwa Kota Cirebon. Tayang setiap hari selama bulan Ramadan, mulai pukul 15.30 hingga 17.00 WIB. Ngaji Ning Tipi dipandu oleh presenter Rieda Fairooz bersama Direktur RTQ At Taqwa Kota Cirebon DR H May Dedu Lc ME Sy.

Dalam sesi acara, dilakukan telepon secara interaktif dan mengaji. Tidak hanya mereka yang berasal dari Wilayah III Cirebon. Penelepon yang akan membacakan surat Alquran juga berasal dari beberapa daerah lain di Indonesia. Seperti Manado, Tasikmalaya, wilayah Sumatera, dan kota-kota lain.

Hal itu dikarenakan selain tayang di RCTV, acara itu juga bisa disaksikan secara langsung melalui aplikasi Fugo dan live streaming melalui media sosial Facebook. Pembaca Alquran terbaik akan mendapatkan uang pengganti pulsa sebesar Rp200 ribu.

Pada kesempatan itu, Direktur RTQ At Taqwa Kota Cirebon DR H May Dedu Lc ME Sy mengatakan setiap episode Ngaji Ning Tipi memiliki tema dan pembahasan yang berbeda dan sangat korelasi dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya membahas terjemahan surat, kajian, dan lain-lain.

“Ini pengganti program lomba hafiz cilik. Karena sekarang kan nggak boleh kumpul dan imbauan dari pemerintah untuk social distancing. Maka ada Ngaji Ning Tipi ini, yang bisa disaksikan dari rumah,” ujar pria yang juga Dosen Fakultas Ekonomi UGJ (Universitas Swadaya Gunung Jati) Cirebon tersebut.

Ia juga mengapresiasi banyak pemirsa RCTV yang mengikuti Ngaji Ning Tipi dari rumah masing-masing. Itu terbukti dengan banyaknya penelepon, tak hanya dari Wilayah III Cirebon maupun sekitarnya, tapi juga dari daerah-daerah lain di Indonesia. “Tentu ini sesuatu yang baru di tengah pandemi Covid-19. Kita berharap virus ini segera berakhir dan kehidupan kita kembali normal seperti sedia kala,” ucapnya. (ade)

Tags :
Kategori :

Terkait