Ramai-ramai Hapus Platform

Sabtu 16-05-2020,21:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

UNTUK diketahui, publik dihebohkan dengan beredarnya penjualan surat bebas Covid-19 dari rumah sakit swasta terkenal via online di platform digital, Kamis (14/5). Tokopedia, Shopee dan Bukalapak pun mengaku menemukan surat bebas Covid-19 dijual di platform. Namun, ketiga perusahaan langsung menurunkan atau menghapusnya.

\"Saat ini, kami telah menindak produk dan/atau toko yang dimaksud sesuai prosedur,\" ujar External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra.

Hal serupa juga dilakukan Head of Corporate Communications Bukalapak Intan Wibisono.

\"Karena produk ini melanggar syarat dan ketentuan berjualan di Bukalapak, maka kami take down. Kami memiliki aturan yang secara jelas melarang penjualan produk yang melanggar aturan hukum yang berlaku,\" katanya.

Sementara itu layanan konsumen Shopee di Twitter telah menjawab pertanyaan salah satu pengguna yang mempertanyakan keberadaan surat Covid-19 tersebut.

\"Untuk saat ini penjual sudah ditindak tegas oleh Tim Shopee. Tim Shopee akan lakukan quality control secara berkala dan menindaklanjuti penjual yang melanggar aturan komunitas Shopee. Kamu juga bisa bantu laporkan pengguna kalau ada kejanggalan ya,\" tulis Layanan Konsumen Shopee di Twitter.

Sedangkan Rumah Sakit Mitra Keluarga Gading Serpong sebagai pihak yang dicatut menegaskan unggahan tersebut bukan dari pihaknya.

2

\"Untuk perihal data yang beredar itu bukan dari RS Mitra Keluarga,\" ujar Azis, operator telepon RS Mitra Keluarga Gading Serpong.

Dikatakannya, RS Mitra Keluarga Gading Serpong saat ini masih menyelidiki siapa yang menyebarkan surat berkop RS Mitra Keluarga tersebut.

\"Ada beberapa wartawan yang menelepon beberapa kali, disampaikan untuk saat ini kami masih mencari tahu siapa yang berada di balik (surat bebas Covid-19) itu,\" katanya. (FIN)

Tags :
Kategori :

Terkait