Calhaj Majalengka Sudah Lunasi BPIH

Jumat 29-05-2020,18:03 WIB
Reporter : Ida Ayu Komang
Editor : Ida Ayu Komang

MAJALENGKA - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Majalengka terus melakukan persiapan pelaksanaan ibadah haji tahun 1441 H atau 2020 M, di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Tahun ini Kabupaten Majalengka mendapat kuota haji sebanyak 1.150 jamaah.

Kepala Kemenag Kabupaten Majalengka DR H Yayat Hidayat MAg melalui Plt Kasi Haji dan Umrah, Drs H Hasan Sarif menuturkan para calon jamaah haji kabupaten Majalengka hampir 100 persen telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

Dijelaskan Hasan Sarif, kuota calhaj dari Kabupaten Majalengka berjumlah 1.150 orang Pada tahap pertama sejumlah 1.105 calhaj telah melunasi BPIH. Selanjutnya pada tahap kedua yang diperuntukan bagi mahrom ada 54 calhaj yang melunasi BPIH. Sehingga total calhaj yang telah lunas mencapai 1.159 orang atau hampir 100 persen. Disebutkan ada calhaj yang meninggal tapi telah melunasi BPIH. Namun proses pelimpahan porsi haji kepada ahli waris belum bisa diproses karena harus dilakukan di Kanwil Kemenag.

Dijelaskan dia, pelunasan haji pada tahap kedua yang berhak melunasi untuk mahrom sejumlah 54 orang dan kini tinggal menunggu pelimpahan kepada ahli waris bagi calhaj yang meninggal. Namun persiapan untuk pembuatan paspor sedang diproses dan dipersiapkan.

Ditegaskan dia, hingga saat ini memang keputusan pelaksanaan haji maji belum jelas. Namun persiapan tetap akan dilakukan.

“Kami berharap para calon jamaah haji untuk tetap tenang menunggu keputusan resmi pemerintah,” ujar Kasubbag TU Kemenag Majalengka ini.(ara)

Tags :
Kategori :

Terkait