Pemerintah Daerah Dilarang Memaksakan Buka Sekolah

Minggu 07-06-2020,16:00 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

Anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia, Jawa Barat, Cissy Kartasasmita menilai, kondisi saat ini masih belum memungkinkan untuk sekolah kembali dibuka. Menurutnya, sekolah terlebih dulu harus berbenah ketika akan membuka sekolah. Sebab, dalam pandemi Corona ini sekolah harus menjadi lingkungan yang sehat dan ramah untuk siswa saat penerapan tatanan kenormalan baru.

\"Menyiapkan disinfektan, ada jaga jarak, kapasistas kelas diatur, tempat untuk screening anak harus ada, tempat cuci tangan biar anak nggak pakai hand sanitizer terus, tempat makan di sekolah juga harus disiapkan,\" terangnya.

Cissy menambahkan, lingkungan sekitar sekolah juga harus menjadi perhatian sekolah. Meskipun di luar pagar sekolah, namun hal itu akan mempengaruhi kesehatan siswa.

\"Sekolah masih banyak waktu untuk mempersiapkan hal tersebut. Jadi kita harus melindungi siswa sejak dari rumah,\" pungkasnya.

Dapat disampaikan, hingga saat ini, setidaknya 102 kabupaten/kota yang masuk dalam kriteria sekolah zona hijau. Kemendikbud bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Badan Nasional Penanggulangan Bencana(BNPB), serta Kementerian Kesehatan terus melakukan pemantauan terkait perubahan status wilayah daerah. (der/fin)

Tags :
Kategori :

Terkait