SMP Manbaul Ulum Gelar Khotmil Quran

Senin 29-06-2020,18:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON- Sebanyak 22 santri kelas IX SMP Manbaul Ulum, Pondok Pesantren (Ponpes) Manbaul Ulum 2 Cirebon melaksanakan khotmil quran, kemarin.

Dalam acara itu, pihak pondok mengikuti anjuran pemerintah yakni menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penyebaran Covid-19.

Selain khotmil quran, ribuan santri di bawah naungun Yayasan Ponpes Manbaul Ulum seperti MTs/SMP, MA dan SMK Modern Manbaul Ulum juga telah melaksanakan pembagian nilai rapor dan pemberian reward kepada siswa-siswi berprestasi di masing-masing kelas, Sabtu (27/6), di Masjid As- Syafa\'ah Ponpes Manbaul Ulum 2.

Pengasuh Ponpes Manbaul Ulum 2 Cirebon, KH Budiman Mahfudh MBA menyampaikan, sebelum prosesi khotmil quran dan pembaguian nilai rapor para santri dan orang tua sebelum memasuki areal pesantren terlebih dahulu mencuci tangan, wajib mengenakan masker, dan pengukuran suhu tubuh.

KH Budiman meminta agar santri yang telah khotmil quran semakin bertambah semangat dan semakin istiqomah dalam hal mencari ilmu terutama ilmu Alquran.

“Sebelum dan saat ramadhan kemarin para santri kita bina agar terus meningkatkan hapalan Alquran tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan. Semoga khotimat yang telah diwisuda mendapatkan ilmu yang berkah, ilmu yang bermanfaat, ilmu yang bermaslahat, min ahlil ilmi, min ahlil khoir, wa min ahlil qur’an. Khoirunnas anfa\'uhum linnas, menjadi pemimpin yang arif, agent of change,” ujar KH Budiman.

Dikatakannya, santri Ponpes Manbaul Ulum, siswa-siswi MA Manbaul Ulum juga siap bertutur kata dan wawancara menggunakan bahasa Arab maupun bahasa Inggris. Untuk siswa SMK Ponpes Manbaul Ulum juga memiliki berbagai skill keahlian dan saat lulus siap untuk terjun kedunia usaha serta lapangan pekerjaan.

2

Sementara itu, Penanggung Jawab Khotmil Quran, Hj Umi Hani berpesan agar para santi terus menimba ilmu, menambah hapalan quran dimanapun dan kapaun berada. “Belajar dan terus belajar, anak-anak agar lebih giat lagi belajarnya dimanapun berada,” pesannya.

Pada kesempatan itu, Kepala SMP Manbaul Ulum Cirebon, H Humaedi MPd mengatakan, khotmil quran merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap tahun.

“Kegiatan ini akan terus berlangsung secara istiqomah dalam setiap tahunnya, mengingat pentingnya kita sebagai umat islam untuk membaca Alquran sebagai kitab suci umat Islam yang harus di jaga dan dipelihara keaslian dan kesuciannya,” katanya. (via/opl)

Tags :
Kategori :

Terkait