Sejarah Bizantium, Hagia Sophia Kini Diubah jadi Masjid

Sabtu 11-07-2020,23:01 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

ISTANBUL- Museum Hagia Sophia di Istanbul Turki resmi kembali dijadikan sebagai Masjid. Keputusan ini diumumkan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, Jumat (10/7).

Dilansir AFP, pengumuman Erdogan disampaikan setelah Majelis Negara Turki mengumumkan membatalkan keputusan kabinet pada 1934 dan kembali memfungsikan Hagia Sophia menjadi masjid. Sidang digelar pada 2 Juli lalu bersama Asosiasi Perlindungan Monumen Bersejarah dan Lingkungan Turki.

Bangunan bersejarah ini mempunyai masa yang panjang. Awalnya bangunan ini merupakan bekas arsitek kekaisaran Bizantium. Kemudian diubah sebagai sebuah gereja di antara tahun 532-537 atas perintah Kaisar Rowami Timur Yustinianus I.

Kemudian Pada 1453 M, Konstantinopel ditaklukan Sultan Mehmed II, (Turki Utsmani). Sultan kemudian memerintahkan pengubahan gereja utama Kristen Ortodoks itu menjadi Masjid. Dikenal sebagai Aya Sofya dalam ejaan Turki, atau yang sekang dikenal Hagia Shopia.

Waktu berputar, pemerintah Turki di bawah kepemimpinan Presiden Mustafa Kemal yang beraliran nasionalis sekuler, memutuskan menutup Masjid itu dan dijadikan sebagai museum.

Hingga kemudian di era Erdogan, kembali diubah menjadi Masjid. Upaya untuk mengubah status dan kembali memfungsikan Hagia Sophia menjadi masjid sudah dilakukan sejak 2005. Dua tahun lalu Mahkamah Konstitusional Turki sempat menolak usulan tersebut. Hagia Shopia mulai difungsikan sebagai Masjid pada Jumat 10 Juli kemarin.  (dal/fin).

Tags :
Kategori :

Terkait