Kenang Perjuangan Sudarsono, Sejumlah Elemen Masyarakat Gelar Upacara di Tugu Proklamasi Kejaksan

Sabtu 15-08-2020,20:30 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Puluhan masyarakat Kota Cirebon dari berbagai elemen masyarakat, OKP, dan ormas menggelar upacara untuk mengenang perjuangan Soedarsono. Acara dilangsungkan di Tugu Proklamasi perempatan Kejaksan, Kota Cirebon, Sabtu sore (15/8).

Soedarsono merupakan tokoh pejuang yang membacakan naskah proklamasi di Kota Cirebon, sebelum Soekarno dan Moehamad-Hatta memproklamirkan secara resmi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 di Jakarta.

Ketua Pelaksana Prabu Diaz megatakan, upacara tersebut bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan proklamasi.

\"Tugu Proklamasi di Kota Cirebon merupakan bukti sejarah bahwa pejuang kemerdekaan asal Cirebon dr Soedarsono membacakan teks proklamasi pada 15 Agustus 1945 di perempatan Kejaksan, Kota Cirebon,\" katanya.

Masih kata pria yang akrab disapa Mamo ini, upacara mengenang sejarah Tugu Proklamasi sejatinya untuk menggugah rasa nasionalisme para pemuda di Cirebon.

Sementara itu, Ketua GM FKPPI Kota Cirebon Dani Jaelani berharap, para pemuda di Kota Cirebon bisa menjadi generasi penerus yang hebat. Menurutnya, upacara yang dilaksanakan merupakan yang ke-4 kalinya.

\"Tahun sebelumnya kami laksanakan pada malam hari. Karena masih masa pandemi, maka kami gelar pada sore hari. Alhamdulillah jumlah peserta upacara untuk tahun ini lebih banyak yang ikut,\" ujarnya.

2

Perlu diketahui, pada 15 Agustus 1945 merupakan momen bersejarah bagi masyarakat Cirebon. Pejuang kemerdekaan asal Cirebon dr Soedarsono membacakan teks proklamasi pada 15 Agustus 1945 di Tugu Proklamasi perempatan Kejaksan, Kota Cirebon.

Pembacaan naskah proklamasi itu diabadikan dengan didirikannya Tugu Proklamasi yang terletak di perempatan lampu merah Jl Siliwangi, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon. (rdh)

https://youtu.be/Q09SuGZA0zc

Tags :
Kategori :

Terkait