Kota Cirebon Bisa Bebas Sampah 2020, Ini Syaratnya

Jumat 21-08-2020,21:30 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Kota Cirebon bisa bebas sampah pada tahun 2020. Syaratnya, harus didukung dengan pembangunan berkelanjutan melalui aksi bersih-bersih.

Hal tersebut diungkapkan Kasie Penanggulangan Sampah pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon, Ruliyanto, Jumat (21/8). Untuk mewujudkannya, DLH memiliki dua agenda sekaligus masih dalam rangka HUT ke-75 RI juga Hari Jadi ke-651 Kota Cirebon.

\"Kami memiliki dua agenda kegiatan, yakni Senin (24/8) melakukan aksi bersih-bersih sampah liar di kawasan Jl Pamitran, Kecamatan Kejaksan dan Jl Pramuka, Kecamatan Harjamukti serta penutupan TPS Cipto yg akan menjadi taman kota,\" ungkapnya.

Ruliyanto menuturkan, DLH juga akan menggelarnya apel siaga kebersihan. Apel siaga kebersihan tingkat Kota Cirebon itu akan dilaksanakan Rabu (26/8) di halaman upacara Balai Kota Cirebon.

Baca juga:

Hampir 40 Persen Warga Kota Cirebon Tak Punya Rumah

\"Apel siaga kebersihan ini akan melibatkan forum lingkungan hidup, mahasiswa, aktifis lingkungan hidup dan elemen masyarakat lainnya dilanjut dengan aksi nyata Cirebon merdeka sampah dengan pembersihan kawasan pesisir pantai,\" ujarnya.

2

Masih kata mantan ajudan wali Kota Cirebon ini, salah satu penyebab utama yang bisa menyebabkan masalah kebersihan lingkungan adalah kurangnya kepedulian masyarakat sendiri terhadap lingkungannya.

\"Padahal sudah seharusnya masyarakat menyadari dan peduli terhadap lingkungan di sekitarnya. Karena keadaan lingkungan itu juga memengaruhi kehidupan masyarakat itu sendiri,\" katanya.

Ruliyanto mengajak masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan.

\"Sebab hal tersebut sesuai dengan ajaran Islam dan sebagai bentuk dukungan terhadap program pembangunan Kota Cirebon,\" pungkasnya. (rdh)

Saksikan video menarik berikut ini:

https://youtu.be/FKU1l17pQ3I

Tags :
Kategori :

Terkait