1.100 Meter Lahan Kebun di Kadugede Ludes Terbakar

Minggu 06-09-2020,17:30 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

KUNINGAN - Lagi, kebakaran lahan akibat kelalaian membakar sampah sembarangan terjadi. Kali ini melanda lahan kebun bambu seluas 1.100 meter persegi milik Aji Hardiman (48) di Dusun Manis, Desa/Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan, ludes terbakar pada Sabtu (5/9) sore.

Peristiwa kebakaran lahan tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Warga dikejutkan dengan kebakaran lahan yang sudah meluas hingga nyaris mendekati permukiman warga.

Salah seorang perangkat desa bernama Heryadi yang pertama melihat kebakaran tersebut. Heryadi terkejut saat melintas jalan, melihat kepulan asap di lahan kosong dan kobaran api semakin meluas. Seketika Heryadi pun langsung menghubungi Kantor UPT Damkar Kuningan untuk meminta bantuan.

Satu tim petugas pemadam kebakaran yang tiba dengan kendaraan Damkar beberapa menit kemudian tiba di lokasi dan langsung beraksi memadamkan api. Dibantu masyarakat dan anggota Koramil setempat, akhirnya api pun bisa dijinakkan pada pukul 16.00 WIB.

\"Dugaan kami penyebabnya ada warga yang melakukan pembakaran sampah kemudian ditinggalkan begitu saja. Lalu api menyebar membakar lahan perkebunan. Total ada sekitar 400 batang bambu yang terbakar ditambah beberapa pepohonan lain ikut hangus. Jika dirupiahkan nilainya mencapai Rp 8 juta,\" ungkap Kepala UPT Damkar Kuningan Mh Khadafi Mufti kepada Radar Kuningan.

Khadafi berharap kebiasaan buruk membakar sampah sembarangan bisa segera dihentikan. Pasalnya sudah banyak lahan di Kabupaten Kuningan yang terbakar sia-sia, di samping dampak buruk terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar.

\"Setop bakar sampah sembarangan apalagi sengaja untuk membuka lahan. Apabila menemukan ada warga yang melakukan pembakaran lahan atau hutan segera laporkan kepada pihak berwajib. Supaya ada efek jera,\" tegas Khadafi. (fik)

Tags :
Kategori :

Terkait