Puntung Rokok Nyaris Bakar Perumahan dan Musala

Senin 07-09-2020,23:30 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Diduga karena oknum masyarakat yang membuang puntung rokok sembarangan, menyebabkan terjadinya kebakaran. Kali ini, terjadi di semak-semak samping The Garden yang berlokasi di samping Jalan Pangeran Cakrabuana, Desa Kecomberan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Minggu (6/9) sekitar pukul 13.50 WIB.

Eno Sujana, Kasi Tanggap Darurat Pemadam Kebakaran Kabupaten Cirebon mengatakan, mendapat laporan dari masyarakat setempat. Yakni, terjadi kebakaran di semak yang mendekati perumahan.

Khawatir api merembet ke bangunan sekitar, Eno langsung menerjunkan dua armada mobil pemadam kebakaran dari Pos Jaga Sumber dan Weru, untuk melakukan pemadaman.

\"Keterangan saksi, api diduga berasal dari sebelah timur lahan, dekat sungai. Api semakin besar menjalar searah hembusan angin ke arah perumahan The Garden, dan nyaris mengenai musala perumahan,\" ujar Eno.

Baca juga:

Ditemukan Sejumlah Makam Kuno di Harjamukti, Diperkirakan Usianya Ratusan Tahun

Angka Terkonfirmasi Covid-19 Meningkat, Pelayanan Pemkot Cirebon Terganggu

2

Geger Suami Kubur Istri di Dalam Rumah, Begini Awalnya Kasus di Indramayu Itu Terkuak

Saat petugas pemadam kebakaran sampai di lokasi kejadian, api semakin besar. Membakar semak yang kering dan menjalar ke pepohonan.

Sehingga, membuat api tidak dapat dikendalikan. Pihak perumahan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon juga membantu memadamkan api yang terus merembet ke semak kering.

Setelah berjibaku memadamkan, akhirnya api berhasil dijinakkan sekitar pukul 15.00. \"Api akhirnya berhasil dipadamkan setelah satu jam melakukan pemadaman. Tidak ada korban dalam kejadian ini,\" tandasnya.

Disinggung soal penyebab kebakaran, Eno menduga adanya oknum masyarakat yang membuang puntung rokok sembarangan ke rumput kering. Kemudian terkena angin hingga api menyala dan membakar tanaman di sekitarnya. \"Penyebabnya oknum masyarakat yang buang rokok,\" ucapnya.

Oleh karenanya, Eno mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang puntung rokok sembarangan. Terlebih, ketika musim kemarau seperti saat ini, yang dengan mudah menyebabkan terjadinya kebakaran. (cep)

Saksikan juga video berikug ini:

https://youtu.be/HdXbqpEEWzY

Tags :
Kategori :

Terkait