Makam Aria Wiracula Tetap Terawat dan Terjaga dengan Baik di Masa Pandemi

Makam Aria Wiracula Tetap Terawat dan Terjaga dengan Baik di Masa Pandemi

CIREBON - Makam Tumenggung Aria Wiracula yang berada di Jalan Sukalila Utara Kelurahan Kejaksan, Kota Cirebon, masih tetap terawat dan terjaga.

Tumenggung Aria Wiracula atau mempunyai nama asli Tan Sam Tjai Khong merupakan salah satu sosok penting dalam sejarah perkembangan Kota Cirebon.

Tumenggung Aria Wiracula merupakan yang berjasa bagi perkembangan ekonomi Kota Cirebon membuat pusaranya sering kali di ziarahi.

Baca juga:

Innalillahi, Lansia di Indramayu Tewas Terbakar dalam Rumah

Keraton Kasepuhan Tetap Laksanakan Tradisi Muludan

Kecelakaan Tol Cipali, Bus Menyeberang dan Terbalik, 1 Penumpang Meninggal Dunia

Salah satu penjaga makam Tumenggung Arya Wiracula, Akhid mengatakan, sejak adanya pandemic Covid-19, kunjungan ke makam tersebut menurun drastis.

Pengunjung rata-rata didominasi oleh warga keturunan Tionghoa yang ingin berdoa dan bersembahyang di makam tersebut.

“Biasanya yang ramai itu pada saat Imlek atau Cap Go Meh. Banyak yang bersembahyang di sini. Biasanya dari wihara atau klenteng. Kalau hari hari biasa sih yang datang memang jarang. Apalagi sekarang ada pandemi,” ungkapnya.

Akhid mengaku, membersihkan dan merawat makam tersebut bersama dengan beberapa rekanya yang sudah lama menjadi juru rawat makam Tumenggung Aria Wiracula.

Makam Aria Wiracula tepat berada di sebelah kanan makam istrinya yang bernama Lao Lip Ay. Oleh karenanya, pemakaman ini juga dikenal dengan sebuatan makam Siang Kong atau makam suami istri.

Sementara, dua makam para pengawal nampak terletak di sisi kanan dan belakang makam Tumenggung Aria Wiracula. Terdapat juga sebuah makam yang diduga sebagai kuburan kuda peliharaan Tumenggung Aria Wiracula.

Dua makam pembantu berada di bagian belakang makam utama. Dua makam inilah yang bentuknya seperti makam umat Islam di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: