Harga Emas Masih akan Terus Naik Pekan Ini

Harga Emas Masih akan Terus Naik Pekan Ini

JAKARTA - Tren positif logam mulia akan terus berlanjut meski tidak ada berita fundamental baru untuk mendorong harga. Demikian hasil terbaru dari survei emas mingguan Kitco News, yang dilansir Minggu (20/9/2020).

Mayoritas analis Wall Street dan investor Main Street yakin emas akan tetap bullish meski ada suara netral yang kuat di kedua survei.

\"Bulls pasar emas membutuhkan percikan berita fundamental baru untuk memulai kembali tren naik harga jangka pendek,\" kata Jim Wyckoff, analis teknis senior di Kitco.

Minggu ini, 14 profesional Wall Street mengambil bagian dalam survei Kitco terbaru. Di antaranya, tujuh pemilih, atau 50%, menyerukan agar harga emas naik.

Lalu enam analis, atau 43%, memperkirakan harga emas akan stabil, lalu sisanya memprediksi harga emas lebih rendah minggu depan.

Sementara di polling investor Main Street terdapat 1.367 suara yang ikut berpartisipasi. Dari jumlah itu, 829 responden atau 60% meyakini harga emas naik minggu depan. Lalu 290 lainnya atau 21% mengatakan mereka netral, sementara 248 pemilih atau 18%, bersikap bearish.

Minggu ini pasar jelas terjebak dalam pola konsolidasi yang menyempit. Emas berjangka Desember terakhir diperdagangkan pada US$ 1.966,60 per ounce, naik hampir 1% dari minggu sebelumnya.

Dalam survei sebelumnya, investor ritel bersikap bullish terhadap emas, sementara analis Wall Street sebagian besar bearish. (yud)

https://www.youtube.com/watch?v=55KjAe5raMM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: