30 dari 560 Makam Pahlawan di Kesenden Tidak Terurus

30 dari 560 Makam Pahlawan di Kesenden Tidak Terurus

CIREBON - Sedikitnya 30 makam di Taman Makam Pahlawan Kesenden kondisinya sangat memprihatikan dan tampak tidak terurus. Melihat kondisi tersebut, GM FKPPI dan Laskar Agung Macan Ali bakal melakukan perawatan ke 30 makam yang tidak terurus tersebut.

Ketua GM FKPPI Kota Cirebon, Dany Jaelany kepada radarcirebon.com mengaku prihatin dengan kondisi makam para pahlawan tersebut.

\"Kami tergugah untuk melakukan perawatan pada ke 30 makam yang terlihat tidak memiliki nisan dan pembatas makam ini. Tentunya kami akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan perbaikan atau penataan kembali makam tersebut,\" kata pria yang juga humas KSOP Cirebon ini.

Baca juga:

Ini Daftar Nomor Urut 4 Paslon Peserta Pilkada Indramayu, Cek Pilihanmu

Pemkab Cirebon Persiapkan Hotel untuk Isolasi Pasien Covid-19

1 dari 1.477 Warga Kota Cirebon Terpapar Covid-19

Selain melakukan perbaikan pada beberapa makam yang tidak terawat, Dany menuturkan, akan melakukan pembuatan buku biografi atau yang dinamai buku putih.

\"Buku putih ini nantinya berisikan biografi dan sejarah singkat dari setiap pahlawan yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kesenden. Kami juga akan menggandeng Dinas Kearsipan dan Dinas Perpustakaan dan berkoordinasi dengan keluarga yang masih memiliki keterkaitan keluarga dengan pahlawan yang makamkan di TMP Kesenden,\" tuturnya.

Sementara, Nuryayi selaku penjaga Taman Makam Pahlawan Kelurahan Kesenden menyebutkan ada 30 dari total 560 makam yang tidak terurus. \"Karena memang keluarganya sudah tidak ada. Rata-rata makam yang tidak terurus ini yang dikebumikan pada tahun 45,\" sebutnya.

Nuryayi menyambut baik rencana perbaikan terhadap ke 30 makam tersebut. \"Saya sangat setuju sekali kalau mau diperbaiki. Selain keluarga, banyak pelajar mulai dari siswa SD hingga SMA yang datang ke TMP Kesenden untuk belajar mengenai sejarah para pahlawan yang dimakamkan di TMP Kesenden ini,\" pungkasnya. (rdh)

https://youtu.be/Y-QEADqG1-Y
https://youtu.be/nT3H4-GFxJo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: