Bupati Imron Salurkan Bantuan Baznas Senilai Rp2,7 Miliar untuk Masyarakat

Bupati Imron Salurkan Bantuan Baznas Senilai Rp2,7 Miliar untuk Masyarakat

CIREBON - Bupati Cirebon Imron kembali salurkan bantuan sebesar Rp2,7 miliar untuk masyarakat.

Bantuan tersebut merupakan kerja sama Pemkab Cirebon dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Cirebon.

Bantuan itu dialokasikan untuk beasiswa santri, renovasi rutilahu, bantuan pengobatan, renovasi musala, bantuan lembaga dan bantuan untuk kaum difabel.

Baca juga:

Dalam Semalam 3 Rumah di Sampora Kuningan Disatroni Maling

21 Ribu Orang di Kabupaten Cirebon Terjaring Operasi Yustisi

Alhamdulillah, Kasus Covid-19 Kota Cirebon Menurun, Hari Ini Hanya Bertambah 1 Positif

Bupati Cirebon mengatakan, bantuan yang dialokasikan dari dana yang terhimpun oleh Baznas itu untuk mempermudah proses penyerahan bantuan.

\"Karena jika bantuan tersebut menggunakan anggaran pemerintah, prosesnya akan lebih lama. Sehingga, kami menggandeng Baznas untuk bisa membantu masalah sosial dan keagamaan di Kabupaten Cirebon,\" katanya.

Imron menyebutkan, telah mengarahkan aparatur sipil negara (ASN) untuk memberikan zakat profesinya melalui Baznas.

\"Dari seluruh ASN yang ada di Kabupaten Cirebon saat ini sudah sekitar 85 persen yang menyalurkan zakat profesinya ke Baznas Kabupaten Cirebon. Kami akan mencoba menelusuri akar permasalahan yang membuat masih adanya ASN belum menyerahkan zakat profesi melalui Baznas,\" sebutnya.

Sementara itu, Kepala Baznas Kabupaten Cirebon, Budiman Mahfudz menuturkan, bantuan yang diberikan tersebut merupakan yang terbesar dibanding triwulan pertama dan kedua lalu.

\"Di triwulan ketiga ini, total bantuannya paling besar. Nanti kita juga akan berikan bantuan di triwulan keempat di bulan Desember. Total bantuan yang diberikan Baznas Kabupaten Cirebon selama tahun 2020 ini, sudah mencapai sekitar Rp7 miliar,\" tuturnya.

Untuk bisa mendapatkan bantuan, masih kata Budiman, pemohon bisa mengajukan rekomendasi melalui kuwu setempat dan nanti akan dilakukan survei langsung oleh pihak Baznas. \"Jika memang layak, nanti kita berikan bantuan,\" pungkasnya. (rdh)

https://youtu.be/phsoMKLt-Fw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: