SMSI Indramayu Siap Jadi Wadah Perusahaan Media Profesional

SMSI Indramayu Siap Jadi Wadah Perusahaan Media Profesional

INDRAMAYU - Berkembangnya era digitalisasi dan teknologi informasi yang begitu cepat membuat perusahaan media harus mampu beradaptasi mengikuti tantangan zaman. Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) perwakilan Indramayu hadir dan siap menjadi wadah perusahaan media profesional serta berintegritas.

Pengurus SMSI Kabupaten Indramayu 2020-2025 dilantik di Hotel Wiwi Perkasa 2 Jalan DI Panjaitan Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Indramayu, Rabu (30/9). Acara berlangsung dengan sukses, namun tetap mengikuti protokol kesehatan.

Hadir dan memberikan sambutan Ketua SMSI Provinsi Jawa Barat, Hardiyansyah. Kehadirannya sekaligus melantik pengurus SMSI perwakiIan Indramayu.

Baca juga:

Kasus Percobaan Pemerkosaan di Kasepuhan, Tersangka Ditangkap di Subang

Ini Dia Wajah Pelaku Vandalisme Musala Darussalam Tangerang

Zona Merah Indramayu Ada di 20 Kecamatan

Hardiyansyah menyebutkan, berdasarkan data yang terkumpul secara keseluruhan terdapat 47.000 media online di Indonesia. Namun, belum semuanya terdaftar secara resmi baik dari segi hukum maupun diakui Dewan Pers.

Apalagi di zaman sekarang ada citizen journalism yang dengan cepat membuat viral sesuatu lewat platform media sosial, justru lebih dulu dari media mainstream. Hal itu menjadi tantangan dan PR insan pers.

\"Maka dari itu, mudah-mudahan SMSI Indramayu bisa menampung perusahaan media online di Indramayu dan mampu menjadikannya lebih profesional dan berintegritas. Lebih penting lagi bisa terdaftar secara hukum. Seperti SMSI ini legal secara lembaga hukum dan sudah resmi masuk sebagai konstituen Dewan Pers,\" terang Hardiyansyah dalam sambutannya usai melantik.

Makali Kumar sebagai ketua terpilih organisasi profesi jurnalis SMSI Indramayu masa bakti 2020-2025, menyatakan, sudah ada 5 media yang bergabung di bawah naungannya. Antara lain KreatorJabar.com, TanganRakyat.id, Fokus Pantura, Cuplik.com, dan Ring Satu.

\"Menurut UU No. 40 tahun 1999 tentang pers, maka pers nasional melaksanakan peranan untuk memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui dan mendapatkan informasi. Selain itu menegakkan nilai-nilai dasar demokrasi, mendorong terwujudnya supremasi hukum dan hak asasi manusia, serta menghormati kebhinekaan,\" ujar Ketua Terpilih SMSI Indramayu, Makali Kumar.

Selain sebagai tempat bergabungnya perusahaan media online, menurut mantan Kepala Biro Harian Umum Radar Indramayu itu, SMSI juga diharapkan mampu menyejahterakan insan pers yang tergabung di dalamnya. Tentunya dengan kerja sama yang baik di antara pengurus maupun anggotanya.

Turut hadir sebagai bentuk dukungan solidaritas kepada awak media, Kadis Menkominfo Indramayu Aan Hendrajana, Wakapolres Indramayu, Kompol Galih Wardana, Kapolsek Indramayu, AKP HSuhendi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: