Tahun 2021 IAIN Syekh Nurjati Diproyeksikan Jadi UIN

Tahun 2021 IAIN Syekh Nurjati Diproyeksikan Jadi UIN

CIREBON - Tahun 2021, IAIN Syekh Nurjati Cirebon diproyeksikan jadi Universitas Islam Negeri (UIN). Namun, untuk merealisasikan itu, ada beberapa tahapan yang perlu ditempuh.

Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta MAg mengatakan, upaya transformasi menjadi UIN adalah agenda besar bagi civitas akademika. “Harapan besar ini sudah ada jalan terang,” kata Sumanta, kepada Radar Cirebon.

Berdasarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) 15/2014 tentang Perubahan Bentuk Perguruan Tinggi Keagamaan, ada beberapa tahapan yang mesti dilalui sebelum ditetapkan. Yakni presentasi, visitasi, sidang pleno di Kementerian Agama.

Kemudian dilanjutkan proses di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), presiden, dan kemudian ditetapkan sebagai UIN melalui keputusan presiden (kepres).

“Saat ini kita sudah melakukan presentasi. Tinggal menunggu tahapan selanjutnya, yaitu visitasi,” kata Sumanta, kepada Radar Cirebon.

Sejauh ini, kata Sumanta, progres alih status menjadi UIN berjalan dengan baik. Terlebih beberapa persyaratan sebagimana yang diatur dalam PMA 15/2014 juga sudah dipenuhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: