Ramai Komodo vs Truk, seperti Ini Konsep Pembangunan Pulau Rinca

Ramai Komodo vs Truk, seperti Ini Konsep Pembangunan Pulau Rinca

BELAKANGAN tengah ramai foto komodo vs truk proyek di Pulau Rinca di Kabupaten Manggarai Barat yang akan disulap menjadi destinasi wisata premium.

Unggahan foto tersebut menuai reaksi negatif dari masyarakat. Banyak yang menyayangkan pembangunan di Pulau Rinca, karena telah merusak habitat komodo.

Terkait proyek pembangunan tersebut, pemerintah memang menginginkan pengembangan destinasi wisata.

Dengan pendekatan konsep geopark  atau wilayah terpadu yang mengedepankan perlindungan dan penggunaan warisan geologi dengan cara yang berkelanjutan.

\"jurassic-park-pulau-rinca-2\"
Pulau Rinca didesain dengan pendekatan Geopark mirip Jurassic Park.(Dokumentasi Kementerian PUPR)

Melalui Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR telah menganggarkan Rp 52 miliar untuk menata kawasan Pulau Rinca yang meliputi bangunan pusat informasi, sentra souvenir, kafe, dan toilet publik.

Kemudian dibangun pula kantor pengelola kawasan, selfie spot, klinik, gudang, ruang terbuka publik, penginapan untuk peneliti dan pemandu wisata (ranger).

Area trekking  untuk pejalan kaki dan shelter pengunjung didesain melayang atau elevated, agar tidak mengganggu lalu lintas Komodo.

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas dermaga di Pulau Rinca, dibangun sarana dan prasarana pengaman pantai dan dermaga Loh Buaya dengan biaya Rp 56 miliar yang akan dilaksanakan oleh Ditjen Sumber Daya Air pada tahun 2020 ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: