KLHK Pastikan Komodo Terlindungi selama Pembangunan Sarana Prasana Pariwisata

KLHK Pastikan Komodo Terlindungi selama Pembangunan Sarana Prasana Pariwisata

MEDIA sosial sedang ramai dengan foto unggahan Instagram @gregoriusafioma yang memperlihatkan komodo vs truk di Pulau Rinca Taman Nasional Komodo (TNK). Komodo tampak mengadang truk proyek pembangunan.

Untuk diketahui, pemerintah sedang membangun destinasi wisata bertema Jurassic Park di Pulau Rinca Taman Nasional Komodo. Sebagian besar warganet khawatir, proyek pembangunan penataan taman wisata itu justru merusak ekosistem dan habitat komodo.

Bagiamana penjelasan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) merespons? Dikutip dari akun instagram @kementerianlhk, KLHK mengenalkan komodo (Varanus komodoensis) yang hidup di kawasan Taman Nasional Komodo. Komodo merupakan reptil purba yang memiliki tubuh besar, tampak kalem, namun amat berbahaya.

Baca juga:

Miris, Komodo vs Truk di Proyek Jurassic Park Pulau Rinca

Komodo vs Truk Proyek, Ini Penjelasan KLHK

Ramai Foto Komodo vs Truk Proyek, Kementerian PUPR Angkat Bicara

Populasi komodo di kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) berada di lima pulau utama. Yaitu di Pulau Komodo, Rinca, Padar, Nusa Kode (Gili Dasami) dan Gili Motang.

TNK telah ditetapkan sebagai salah satu situs Warisan Dunia oleh UNESCO loh pada tahun 1991. Taman Nasional Komodo juga pernah masuk ke dalam New Seven Wonders (Tujuh Keajaiban Dunia), karena keajaiban alam dan spesies yang ada di alamnya.

Upaya konservasi terus dilakukan oleh pemerintah sampai saat ini dengan menyinergikan kelestarian alam dan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan.

Komodo yang disebut \"ora\" oleh masyarakat di Pulau Komodo ini dilindungi berdasar Peraturan Menteri LHK Nomor. 106/MENLHK/SEKJEN/KUM.1/12/2018.

Pengembangan wisata di Taman Nasional Komodo (TNK) akan diarahkan menjadi destinasi wisata super prioritas berdasarkan amanat Presiden RI. Sehingga, dilakukan pembangunan sarana prasana penunjang pariwisata di wilayah tersebut.

Salah satu penataan kawasan TNK, terletak di Lembah Loh Buaya yang masuk di Pulau Rinca. Pulau Rinca dengan luas sekitar 20.000 hektar dihuni oleh 1.300 ekor komodo. Sementara populasi komodo di Lembah Loh Buaya adalah 5% dari populasi di Pulau Rinca atau sekitar 66 ekor.

Ada sekitar 15 ekor komodo yang berkeliaran di sekitar area pembangunan sarana dan prasarana di Loh Buaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: