GenRe Indonesia Terapkan Protokol Kesehatan dengan Kesadaran

GenRe Indonesia Terapkan Protokol Kesehatan dengan Kesadaran

JAKARTA – Menerapkan protokol kesehatan dan mengubah perilaku hidup sehat harus dengan kesadaran sendiri. Bukan karena paksaan dari pihak manapun. Dengan menjadi norma atau kebiasaan, pemerintah tidak lagi terkesan memaksa agar masyarakat mematuhi ketentuan tersebut.

“Kita mendorong generasi milenial dan generasi Z untuk menerapkan protokol kesehatan dan mengubah perilaku hidup sehat. Jika melihat tipologi generasi Z, mereka cenderung tidak suka dipaksa. Jika tetap dipaksakan, kemungkinan besar malah bebal terhadap imbauan itu,” kata Ketua Forum GenRe Indonesia Nanda Rizka Saputri dalam diskusi daring di Jakarta, Selasa (3/11).

Ia mengatakan GenRe Indonesia ikut mengajak generasi muda dan masyarakat mengubah perilaku menerapkan adaptasi kebiasaan baru. Sasaran utama yang dikejar adalah laki-laki dan perempuan rentang usia 14 hingga 24 tahun. Terutama yang tinggal di daerah zona merah dan hijau. “Kami juga bergerak menyisir organisasi kepemudaan yang mempunyai jangkauan kepada pemuda sesuai sasaran program organisasi mereka,” imbuhnya.

Ruang lingkup pesan yang disampaikan meliputi persepsi risiko dan bahaya COVID-19. Selain itu, tingkat pengetahuan terhadap penyebab, gejala penularan dan transmisi.

“Terkait stigma, sebaran rumor dan hoaks, aspek sosial dan budaya yang memengaruhi perlu ditangani sesegera mungkin. Selain itu, faktor penghambat maupun pendorong terhadap perubahan perilaku baru,” ucapnya.

Nanda mengatakan Forum GenRe juga melakukan survei dan menemukan salah satu yang menyebabkan depresi, bahkan kematian pasien COVID-19 karena stigma dan hoaks dari masyarakat.

Misalnya, apabila seseorang batuk, langsung dicap terinfeksi Corona. Kemudian ada lagi temuan ketika pasien COVID-19 telah selesai isolasi mandiri dan keluar dari rumah sakit, tak jarang anggota keluarga yang lain juga dicap negatif oleh lingkungan tempat tinggalnya. “Akhirnya dijauhkan dari komunitas. Stigma-stigma seperti ini yang harus dipangkas,” terangnya.

Dalam kampanye perubahan perilaku, Forum GenRe Indonesia tersebut, juga menyampaikan pesan kunci. Yakni disiplin 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak). Menurutnya, 3M sangat penting untuk dipahami dan dilakukan oleh semua masyarakat selama pandemi COVID-19. (rh/fin)

https://www.youtube.com/watch?v=4d2L-r8twA0

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: