Awas Bahaya Hipertensi dan Diabetes Melitus!

Awas Bahaya Hipertensi dan Diabetes Melitus!

CIREBON- Menjaga kesehatan diri dan lingkungan sejak dini sangat penting dilakukan. Hal tersebut agar terhindar dari penyakit-penyakit yang mungkin muncul. Terutama dari pola hidup dan pola makan yang tidak teratur.

Sejumlah penyakit yang mungkin muncul dari dua kebiasaan tidak baik tersebut di antaranya hipertensi dan diabetes melitus (DM).

Kasi P2PTM-KESWA pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Yayan Haryanto mengatakan, secara umum, di Kabupaten Cirebon, screening faktor risiko penyakit tidak menular, sasarannya 1.495.093 jiwa pada usia produktif (usia 15 tahun sampai 59 tahun). \"Dari target sasaran 1,49 juta jiwa tersebut, realisasinya 342.396 jiwa,\" ujar Yayan saat ditemui Radar Cirebon, kemarin.

Target sasaran dari screening tersebut berasal dari berbagai latar belakang. Mulai sektor perkantoran, pendidikan, swasta, pabrik hingga pasar.

“Untuk memastikan semua kalangan bisa kita akses, kita sudah membentuk Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM),\" imbuhnya.

Untuk data kasus hipertensi sendiri, di tahun 2020, dari target sasaran 634.073 jiwa, capaian realisasinya sebanyak 150.909 jiwa.

\"Untuk capaian memang belum optimal karena salah satu persoalannya, partisipasi masyarakat untuk mengikuti screening masih rendah. Ditambah, jam kerja puskesmas terbatas, tidak 24 jam. Sementara target sasaran kan biasanya sibuk kalau siang. Sehingga tidak sempat ikut screening. Untuk prevalensinya 37,5 persen,\" jelasnya.

Sementara itu, untuk diabetes mellitus, dari target 21.981 jiwa, capaiannya melebihi target sasaran yakni sebanyak 24.904 jiwa dengan prevalensi sebesar 1,3 persen dari populasi jiwa di Kabupaten Cirebon.

\"Penyakit -penyakit ini masuk kategori yang tidak menular, yang banyak terjadi karena pola hidup, pola makan dan dipengaruhi aktivitas-aktivitas tidak sehat lainnya,\" terangnya. (dri)

https://www.youtube.com/watch?v=i8zi9QLe2qY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: