Pandemi Corona Masih Lama, Disiplin 3M Wajib

Pandemi Corona Masih Lama, Disiplin 3M Wajib

JAKARTA – Satgas Penanganan COVID-19 terus mengajak masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak). Hingga kini belum diketahui kapan pandemi virus Corona akan berakhir.

“Jadi kita tetap harus bisa hidup dengan cara disiplin 3M. Ini penting untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19,” tegas Kasubbid Tracing Satgas COVID-19, dokter Kusmedi Priharto di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (8/12).

Ia mengatakan World Health Organization (WHO) menyebut virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19, tidak akan hilang dalam waktu dekat.

Virus, lanjutnya, masih kan berada di lingkungan sekitar dan berpotensi terus melakukan mutasi. Sehingga virulen-virulen lain akan bisa muncul sesudah kondisi-kondisi tertentu yang membuat bentuk virus lainnya.

Kusmedi mengingatkan masyarakat virus bisa masuk ke dalam tubuh melalui mata, lubang hidung dan mulut. “Lalu masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan, kemudian ke paru-paru,” imbuhnya.

Karena itu, untuk mencegah kemungkinan masuknya virus ke dalam tubuh, ia mengimbau masyarakat untuk sering mencuci tangan dengan sabun di bawah air yang mengalir atau memakai sabun penyanitasi tangan.

Untuk mencegah penularan melalui percikan dari mulut atau hidung penderita pada saat orang batuk atau bersin, masyarakat juga diimbau untuk memakai masker dan menjaga jarak minimal 1,5 meter. “Karena itu disiplin protokol 3M sangat penting. Terutama karena kondisi saat ini. Situasi ini mengharuskan masyarakat untuk hidup berdampingan dengan pandemi,” pungkasnya.(rh/fin)

https://www.youtube.com/watch?v=qANpRa9SC8Y

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: