Kasus Penggunaan Obat Sediaan Farmasi tanpa Izin Meningkat di Wilayah Cirebon, Ini Sebabnya

Kasus Penggunaan Obat Sediaan Farmasi tanpa Izin Meningkat di Wilayah Cirebon, Ini Sebabnya

CIREBON - Di situasi pandemi virus corona (Covid-19), peredaran dan penggunaan narkoba di Kota Cirebon justru meningkat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cirebon, AKBP Yaya Satya kepada radarcirebon.com usai menghadiri deklarasi kelurahan bersih narkoba (bersinar) di Kelurahan Kesenden, Rabu (23/12).

\"Yang jelas ada peningkatan di wilayah hukum BNN Kota Cirebon, yakni Kota dan Kabupaten Cirebon serta Indramayu. Di ketiga wilayah ini kami sudah melakukan penangkapan termasuk yang terbaru di wilayah Kelurahan Kesenden,\" ungkapnya.

AKBP Yaya menyebutkan, kasus yang paling menonjol adalah peredaran dan penyalahgunaan obat-obatan sediaan farmasi tanpa izin.

\"Saat ini orang ingin membeli narkotika jenis sabu kan mahal, maka banyak yang beralih mengonsumsi obat-obatan sediaan farmasi tanpa izin. Kalau masyarakat mengetahui adanya peredaran atau mengonsumsi narkotika maupun obat-obatan sediaan farmasi tanpa izin segera laporkan kepada kami (BNN),\" sebutnya.

Sementara itu, Lurah Kesenden Ruliyanto kepada radarcirebon.com menuturkan, Kelurahan Kesenden terus melakukan pengawasan terhadap warganya dari peredaran narkoba.

\"Dengan adanya deklarasi Kelurahan Bersinar ini merupakan sebagai wujud komitmen dalam hal memerangi narkoba. Kelurahan Kesenden bersama seluruh RW dan RT terus melakukan pengawasan di wilayahnya masing-masing mengantisipasi adanya peredaran dan penyalahgunaan narkoba,\" tuturnya.

Masih kata mantan ajudan wali kota Cirebon ini, dalam pengawasan tersebut akan memanfaat posko Covid-19 yang ada di tiap RW.

\"Posko penanganan Covid-19 di tiap RW akan manfaatkan juga sebagai pos pengawasan narkoba. Nanti kita bersinergi dengan unsur-unsur yang ada seperti Karang Taruna, kader-kader Posyandu dan lainnya untuk membantu BNN dalam memerangi narkoba,\" pungkasnya.

Pantauan radarcirebon.com, BNN Kota Cirebon melakukan deklarasi Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba) di Kelurahan Kesenden. Selain deklarasi, BNN juga melakukan sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba kepada masyarakat yang hadir.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cirebon AKBP Yaya Satya, Camat Kejaksaan Uyung Heru Utomo, Lurah Kesenden Ruliyanto, Danramil 1404/Kejaksan Kapten CHB Kasiman, dan unsur muspika setempat lainnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: