Ngeri, Hujan Deras Picu Banjir Lahar Dingin Semeru

Ngeri, Hujan Deras Picu Banjir Lahar Dingin Semeru

LUMAJANG - Hujan deras pada Rabu, 30 Desember 2020 memicu terjadinya banjir lahar dingin Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Peristiwa tersebut terpantau dari pos pengamatan Gunung api Semeru di Gunung Sawur, Dusun Poncokusumo, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, pada pukul 09.39 WIB.

Baca Juga: Ini Pesan Gisel ke Gempi Usai Jadi Tersangka Kasus Video Syur

Dari video yang diterima Radar Cirebon, awalnya warga tidak menyadari akan ada banjir lahar di aliran sungai. Kejadiannya begitu cepat.

Selain banjir, pos pemantauan juga merekam terjadinya awan panas guguran dengan jarak luncur 3,5 km menuju alur Sungai Curah Koboan yang berada di wilayah Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.

Baca Juga: Aktif di Sosmed, Ini Kata Michael Yukinobu Usai Jadi Tersangka Bareng Gisel

Adapun koronologis terjadinya banjir lahar Gunung Semeru seperti dilaporkan oleh BPBD Kabupaten Lumajang, pada Rabu, 30 Desember 2020, pukul 09.39 WIB.

Sebagian wilayah Lumajang terutama puncak Gunung Semeru terjadi hujan sedang hingga lebat yang mengakibatkan terjadinya banjir lahar pada alur DAS Curah Koboan, Desa Supiturang, dan terekam di seismograf pos pemantauan Gunung Sawur dengan getaran 5 mm. (yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: