Sandiaga Uno Jadi Menparekraf, Bossman Mardigu Bilang Begini

Sandiaga Uno Jadi Menparekraf, Bossman Mardigu Bilang Begini

PEMILIHAN Sandiaga S Uno sebagai Menparekraf terus menjadi sorotan. Tak terkecuali dari rekan dekatnya, Mardigu Wowiek.

Tanggapan Mardigu menjadi salah satu segmen pembicaraan di YouTube Helmy Yahya Bicara.

Seperti diketahui, Mardigu Wowiek, Gita Wirjawan, Sandiaga Uno dan Helmy Yahya memiliki sebuah komunitas bisnis. Sekaligus pelatihan untuk menciptakan jaringan pengusaha.

Baca juga: Desa Slangit Porak Poranda Diterjang Puting Beliung, Ratusan Rumah Rusak

\"Brother Sandi bejo, laki,\" kata Mardigu saat ditanya pendapatnya.

Ia memang tak secara spesifik bicara mengenai pemilihan Sandiaga Uno. Namun, Bossman menyinggung bagaimana pariwisata bisa menjadi penyelamat ekonomi negara.

Hal itu sudah terbukti saat negara ASEAN menghadapi krisis. Bahwa pariwisata dan UKM adalah kunci dari kebangkitan dan keluar dari krisis. \"Tahun 1997, 1998 ASEAN kena krisis. Solusinya UKM dan pariwisata,\" katanya.

Baca juga: Unik, Kalender 2021 sama dengan 1971, Ini Alasannya

Dia kemudian mencontohkan yang dilakukan Thailand dengan sektor pariwisatanya. Kemudian yang dilakukan Malaysia dengan membangun Petronas Tower dan Sirkuit Sepang. \"Ini yang menyebabkan wisatawan datang,\" katanya.

Kemudian, sambung dia, Singapura punya Tourism Board. Untuk pariwisata. Bahkan berani mengambil sesuatu langkah radikal untuk terobosan.

Misalnya, dalam sejarah dunia, F1 dilaksanakan malam hari di jalanan Singapura. \"Negara tidak keluarkan uang, tapi dari swasta. Hotel-hotel yang dilintasi oleh sirkuit berani bayar,\" tuturnya.

Kesimpulannya, kata dia, negara ASEAN keluar dari krisis karena pariwisata. Dan Sandiaga Uno saat ini membidangi sektor yang menjadi kunci kebangkitan krisis. Yakin, pariwisata dan ekonomi kreatif juga UKM. (yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: