Ngeri, Sungai Cikadongdong Abrasi, Dua Rumah Terancam Longsor

Ngeri, Sungai Cikadongdong Abrasi, Dua Rumah Terancam Longsor

CIREBON - Sungai Cikadongdong, Desa Panjalin Lor, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka mengalami abrasi dan tebingnya nyaris longsor.

Abrasi tersebut terjadi akibat aliran arus air Sungai Cikadongdong deras dan meluap sehingga meruntuhkan tanah di sisi sungai. Saat ini lahan sepanjang 20 meter sudah runtuh akibat abrasi tersebut.

Dandim 0617/Majalengka Letkol Inf Andik Siswanto mengatakan, abrasi tersebut juga menyebabkan sedikitnya dua rumah terancam ambruk ke sungai.

Baca Juga:

“Abrasi ini juga  menyebabkan tanah yang menjadi pekarangan dua rumah warga di sisi sungai runtuh sehingga membuat dua rumah warga tersebut terancam ambruk,\" katanya.

Saat ini, menurut Dandim, jarak rumah warga dengan bibir sungai tersebut hanya sekitar satu meter dan ini sangat membahayakan.

\"Kami imbau untuk tetap waspada dan hati-hati mengingat intensitas hujan masih tinggi,\"ujarnya.

Dandim menambahkan, pihaknya saat ini melaksanakan kerja bakti bersama unsur aparat setempat dan warga sekitar dengan terlebih dahulu dibuatkan penahan bambu.

\"Kami berharap kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Majalengka agar tetap mewaspadai segala bentuk bencana alam pada musim penghujan tahun ini,\" pungkasnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: