Gawat! Persipura Bubar, Indonesia yang Kena Sanksi AFC

Gawat! Persipura Bubar, Indonesia yang Kena Sanksi AFC

PAPUA – Karma selalu ada! Itu kalimat bagi PSSI. Ya, Persipura Jayapura membubarkan tim dan mengindikasikan tak tampil di Piala AFC 2021. Jika terjadi, jatah Indonesia di ajang itu akan hangus.

PSSI sebelumnya memilih Persija Jakarta sebagai duta menuju Piala AFC 2021 namun ditolak keras karena menyalahi regulasi. Pemilihan Persija yang dilakukan oleh PSSI menuai kontroversi karena tak sesuai kriteria keolahragaan Entry Manual for AFC Club Competition 2021. Setelah menjadi polemik, PSSI akhirnya memilih Persipura sebagai pengganti PSM Makassar selaku juara Piala Indonesia 2018/2019 yang tak lolos lisensi AFC.

Pembubaran Persipura disampaikan lewat pengumuman di akun media sosial klub. Mereka terkendala masalah karena salah satu sponsor yang menolak membayar sisa kontrak. Padahal, Persipura juga bakal mewakili Indonesia di ajang Piala AFC 2021 dari babak play-off zona ASEAN. Adapun babak itu akan digelar pada 18-19 Mei 2021 dengan sistem satu leg.

\"Kami sangat sayangkan situasi ini, padahal kita punya kesempatan untuk berlaga di AFC CUP 2021, karena tidak mungkin kita paksakan tim berjalan tanpa membayar gaji pemain, pelatih dan ofisial,\" tulis keterangan Persipura soal pembubaran tim.

PSSI dan Bali United akan menjadi pihak yang dirugikan jika Persipura tak mengambil jatah Piala AFC. Dari regulasi, PSSI akan disanksi dan perwakilan federasi akan dihapus jika salah satu wakilnya yang berhak tampil tidak mengambil jatah itu.

\"Jika klub yang memenuhi syarat untuk tampil di kejuaraan klub AFC, punya lisensi, dan lolos kriteria keolahragaan, slot yang dialokasikan Asosiasi Member (PSSI) akan dibatalkan, apakah itu slot tampil langsung atau slot tak langsung (kualifikasi),\" tulis Pasal 9.11 dalam Entry Manual for AFC Club Competition 2021 dikutip detikSport.

Adapun Indonesia kebagian dua jatah tiket Piala AFC 2021 dengan ketentuan satu tim mendapat slot langsung dan satu jatah tidak langsung. Bali United sebagai juara Shopee Liga 1 2019 berhak tiket langsung, sementara slot tak langsung menjadi milik Persipura. (mid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: