Foto Sriwijaya Air Ngabalin, Roy Suryo: Itu Editan

Foto Sriwijaya Air Ngabalin, Roy Suryo: Itu Editan

JAKARTA – Pakar multimedia dan telematika, Roy Suryo menanggapi unggahan foto Ali Mochtar Ngabalin. Dia menilai, foto yang menunjukan sebuah pesat terbang terjun ke lautan itu editan.

Roy Suryo memastikan foto yang diunggah Ngabalin tersebut merupakan hasil rekayasa.

Menurut dia, dari analisis data jatuhnya Sriwijaya Air, kurang lebih jatuh dengan kecepatan 555,457 km per jam. Sehingga momen jatuhnya Sriwijaya Air itu tidak mungkin tertangkap jika mengambil foto hanya menggunakan kamera handphone.

Baca juga: Insiden Sriwijaya Air, Media Asing Sebut Pasar Penerbangan Indonesia Mematikan

“Foto yang diunggah di aku @AliNgabalinNew Minggu 10/01/21 20.13 WIB disinyalir hasil editan. Karena jika analisis kecepatan jatuh SJ-182 +/- 555,457 Km/Jam,” kata Roy.

“Maka foto sejelas tersebut hanya dapat dibuat dengan kamera (DSLR?) shutter diatas 1/125 detik dan diafragma f/16 atau lebih, bukan HP,” sambung Roy Suryo.

Sebelumnya, Ali Mochtar Ngabalin mengunggah foto pesawat terbang yang tampak akan terjun ke lautan. Foto itu kemudian viral setelah dikaitkan dengan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Sabtu (9/1/2021).

Baca juga: Nasib Liga 1 dan Liga 2 Belum Jelas

Dalam foto tersebut, terlihat seorang wanita sedang berpose dengan background laut yang mana terlihat sebuah pesawat terbang menukik tajam ke permukaan air laut.

Melalui keterangan unggahan foto tersebut, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden itu menuliskan doa bagi para korban.

“Wahai Zat yang menghidupkan dan mematikan, tiada daya dan upaya kecuali di tanganmu lah semuanya bisa terjadi. Temani mereka semua dan kasihlah mereka semua dalam kasih dan sayangmu. Aamin amin Ya Rabbal’Alamin,” tulis Ngabalin dikutip Senin (11/1/2021). (dal/fin)

Baca juga: Pramugari Sriwijaya Air Ananda Lestari Lolos dari Maut, karena Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: