Laporan Kekayaan Calon Kapolri Pilihan Jokowi Belum Lengkap

Laporan Kekayaan Calon Kapolri Pilihan Jokowi Belum Lengkap

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hanya mengajukan satu nama calon Kapolri ke DPR RI, Rabu (13/1/2021). Dia adalah, Komisaris Jenderal (Komjen) Listyo Sigit Prabowo.

Jenderal bintang tiga itu pun akan menjalani fit and proper test, pekan depan. Namun, laporan harta kekayaan Listyo dinyatakan belum lengkap oleh KPK.

Mengacu pada Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komjen Listyo terakhir menyampaikan laporan 2019, tapi baru disetorkan pada 11 Desember 2020.

Baca juga: Profil Calon Kapolri Komjen Listyo, Jadi Kapolresta saat Jokowi Walikota Surakarta

Nilainya, Rp 8.314.735.000 yang terdiri dari aset tanah dan bangunan senilai Rp 6,15 miliar, alat transportasi senilai Rp 320 juta, serta harta bergerak lainnya senilai Rp 975 juta, serta harta kas dan setara kas senilai Rp 869.735.000.

\"Pengumuman ini diumumkan dengan catatan tidak lengkap berdasarkan hasil verifikasi tanggal 4 Januari 2021,\" bunyi catatan pada LHKPN 2019 milik Listyo sebagaimana dikutip dari kantor berita RMOL.id.

Baca juga: Kedapatan Miliki Sabu, Warga Karangmekar Digelandang Polisi

Sementara itu, usulan Kapolri telah diterima Ketua DPR RI, Puan Maharani hari ini Rabu (13/1/2021). Setlah ini, Komjen Sigit akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR kemudian disahkan di paripurna DPR dan dilantik di Istana Negara.

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menilai sosok Kabareskrim Polri itu memiliki prestasi diatas rata-rata. Meski demikian, terkait rekam jejaknya, Azis menyebut setiap pihak memiliki penilaian tersendiri.

\"Secara prestasi, tentu di atas rata-rata, beliau (Listyo Sigit Prabowo) sudah menduduki posisi di Kabareskrim. Nanti masalah track record tentu masing-masing kita punya penilaian,\" kata Azis dilansir RMOL.id Rabu (13/1/2021). (*)

Baca juga: Jokowi Disuntik Vaksin Sinovac, Ngabalin: Terima Kasih ya Allah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: