BMKG: Gempa Majene karena Aktivitas Sesar Lokal

BMKG: Gempa Majene karena Aktivitas Sesar Lokal

SULAWESI - Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa terjadi di Majene, Sulawesi Barat Jumat, 15 Januari 2021 hari ini pukul 01.28.17 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki magnitudo M=6,2. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,98 LS dan 118,94 BT , atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 km arah TimurLaut Majene, Sulawesi Barat pada kedalaman 10 km.

\"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault),\" tulis BMKG di akun Instagramnya, Jumat (15/1/2021).

Baca juga: Gempa 6,2 M Guncang Majene, Kantor Gubernur Ambruk, Sejumlah Bangunan Rusak

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Majene, Mamuju IV-V MMI. Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, Palu, Mamuju Tengah, Mamuju Utara dan Mamasa III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Sebelum gempa utama, Pada pukul 01.25 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukan 1 aktifitas gempabumi pendahuluan (foreshock) dengan magnitudo M=3,1.

Hingga hari Jumat, 15 Januari 2021 pukul 02.20 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan 6 aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dengan magnitudo maksimum M=4,1.

\"Gempabumi ini masih merupakan rangkaian gempabumi pada tanggal 14 Januari 2021 Pukul 13.35 WIB dengan magnitudo M=5,9,\" sebutnya. (yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: