Jangan Sepelekan Gatal pada Puting

Jangan Sepelekan Gatal pada Puting

DADA atau puting yang terasa gatal adalah hal yang umum terjadi, dan dapat terjadi pada siapa saja.  Pada kebanyakan kasus disebabkan oleh iritasi pada kulit, namun pada kasus tertentu, kondisi ini bisa menjadi pertanda masalah kesehatan yang serius. 

Disebabkan oleh atopic dermatitis, sejenis radang pada kulit. Jenis dermatiti yang dimaksud di sini adalah ecsema atu eksim. 

Menurut Healthline, kondisi yang satu ini tidaklah diketahui apa yang menjadi pemicunya.  Kondisi yang satu ini juga dikaitkan kulit  kering dan ruam, selain gatal-gatal yang disebut di atas. 

Selain dermatitis, gatal pada puting juga dapat disebabkan oleh mastitis, kondisi yang satu ini umumnya terjadi pada ibu hamil, di mana terjadi penyumbatan pada saluran air susu ibu, atau juga akibat terpapar bakteri. 

Pada kasus tertentu, puting yang gatal merupakan salah satu ciri dari penyakit Paget, yang merupakan salah satu jenis kanker langka. 

Kondisi ini biasanya di temani dengan ciri lain, seperti keluar cairan dari puting, pembengkakan pada dada, kulit mengelupas, hingga puting yang  rata dengan permukaan dada.

Jika gatal yang Anda halami tidak hilang dalam hitungan hari semenjak pertama kali terjadi, konsultasi dengan dokter sangat dianjurkan.(ruf/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: