Waspada, Potensi Gerakan Tanah Di Indonesia Tetap Tinggi

Waspada, Potensi Gerakan Tanah Di Indonesia Tetap Tinggi

POTENSI gerakan tanah di Indonesia pada Januari 2021 dibandingkan Desember 2020 tetap tinggi. Bahkan, gerakan tanah cenderung mengalami peningkatan di seluruh Indonesia.

Berdasarkan keterangan resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM, Selasa (26/1), sejumlah wilayah yang harus mewaspadai gerakan tanah dengan potensi tinggi meliputi Jawa terus meluas ke Bali, Nusa Tenggara Barat dan Timur, Kalimantan bagian Tengah, Sulawesi, Maluku dan Maluku Utara hingga Papua.

Sedangkan wilayah Sumatera potensinya tetap tinggi hanya cenderung menurun. Wilayahnya dari sisi barat mulai Aceh, Sumatera Utara hingga Lampung.

\"Kewaspadaan tinggi bulan Januari 2021 di seluruh wilayah Indonesia dan pada  saat turun hujan utamanya di wilayah di pegunungan, perbukitan, jalur jalan, dan seputaran bantaran sungai,\" tulis PVMBG Kementerian ESDM.

Terakhir, gerakan tanah terjadi di tiga kabupaten/kota di Indonesia. Daerah itu di antaranya Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur; Kabupaten Sumedang, Jawa Barat; dan Kota Kupang, NTT.

\"Longsor diperkirakan karena kelerengan yang terjal, tanah atau batu yang labil, serta dipicu oleh curah hujan yang tinggi,\" jelasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: