Seleksi Beasiswa S1 Baznas Membeludak

Seleksi Beasiswa S1 Baznas Membeludak

CIREBON- Baznas Kabupaten Cirebon terus mengoptimalkan pendidikan sebagai salah satu alat untuk memperbaiki kualitas ekonomi sekaligus pendidikan masyarakat yang tergolong miskin. Salah satunya lewat program terbaru yakni beasiswa S1 untuk mahasiswa semester 2 hingga lulus.

Ketua Umum Baznas Kabupaten Cirebon, KH Budiman Mahfudz melalui Ketua 1 Bidang Pengumpulan, H Ahmad Zaeni Dahlan MPhil, menuturkan, program beasiswa S1 merupakan program penyaluran beasiswa kepada mahasiswa Kabupten Cirebon yang menempuh pendidikan S1 di seluruh Indonesia yang memenuhi kualifikasi dan prosedur yang ditetapkan oleh Baznas Kabupaten Cirebon.

“Alhamdulillah, peserta seleksi beasiswa S1 Baznas ini sungguh antusias, kuota program beasiswa S1 tahun ini ada 20 orang, namun peserta yang lolos mengikuti seleksi administrasi ada 108 orang. Seleksi tes tulis yang diselenggarakan ada 108 peserta ini akan mengambil 20 orang terbaik dari yang baik,” tuturnya kepada Radar Cirebon, Kemarin.

Menurutnya, tujuan pemberian beasiswa S1 adalah untuk meningkatkan kualitas SDM mustahik pada level perguruan tinggi.

Adapun sasaran beasiswa ini secara umum diprioritaskan kepada ashnaf fakir, miskin, dan berprestasi dengan minimal indeks prestasi (IP) pada saat semester 1 ialah 3,00.

“Baznas Kabupaten Cirebon berpedoman agar memuzakikan mustahiq (dari yang golongan berhak menerima zakat kemudian wajib berzakat). Penerima bantuan beasiswa ini akan diberikan hingga lulus begitupun dengan uang sakunya. Mereka akan dilibatkan dalam kegiatan dan program Baznas tentunya dengan tidak mengganggu studinya,” katanya.

Dikatakan Ahmad, Baznas Kabupaten Cirebon sebagai bagian dari penyaluran zakat memiliki amanah yang besar. Salah satunya menjamin keberlangsungan program pendidikan bagi golongan kurang mampu/miskin sebagai pertanggungjawaban antar generasi sekaligus mempersiapkan generasi penerus bangsa yang memiliki kedalaman ilmu pengetahun dan keluhuran akhlak melalui program beasiswa.

“Baznas Kabupaten Cirebon sebagai mitra pemerintah daerah juga terus berkomitmen untuk menanggulangi atau mengentaskan kemiskinan. Baznas Kabupaten Cirebon memiliki program Cirebon Peduli, Cirebon Sehat, Cirebon Cerdas, Cirebon Agamis,” pungkasnya. (via/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: