Soal Vaksin, Masyarakat Jangan Ragu

Soal Vaksin, Masyarakat Jangan Ragu

JAKARTA - Pemerintah meminta masyarakat tidak perlu ragu dengan vaksinasi. Khususnya, vaksin Covid-19 Sinovac yang digunakan di Indonesia. BPOM dan MUI sudah menegaskan produk tersebut aman dan halal untuk digunakan.

\"Masyarakat tidak perlu ragu. Karena vaksin yang digunakan di Indonesia itu sudah dapat Emergency Use Authorization dari BPOM dan sertifikasi halal dari MUI. Hal itu menunjukkan vaksin aman dan halal digunakan,\" kata Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito di Jakarta, Selasa (16/2).

Menurutnya, hingga saat ini belum ditemukan adanya kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI) secara serius. Efek samping dari vaksinasi Sinovac, lanjut Wiku, pada umumnya ringan. Selanjutnya akan segera hilang. Masyarakat tidak perlu khawatir efek samping vaksin Covid-19.

\"Saya juga minta masyarakat agar dapat menyadari pentingnya program vaksinasi dalam membentuk kekebalan komunitas. Karena itu, saya minta masyarakat ikut berpartisipasi agar kekebalan komunitas bisa tercapai,\" paparnya.

Wiku menegaskan program vaksinasi tahap dua dan tiga yang diperuntukkan bagi lansia dan petugas pelayanan publik. Hal ini akan segera dilaksanakan dan ditargetkan selesai pada Mei 2021.

Data penerima vaksin untuk program vaksinasi tahap dua dan tiga, akan menggunakan milik BPJS Kesehatan, Dukcapil dan hasil koordinasi Kementerian/Lembaga terkait.

\"Terkait urutan vaksinasi, pemerintah akan menimbang jumlah kasus dan tingkat penularan, kesiapan penyimpanan vaksin, dan daerah yang telah mencapai target cakupan vaksinasi tenaga kesehatan,\" tutupnya. (rh/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: