Sungai Cimanuk Meluap, Fasilitas Umum Desa Babadan Indramayu Lumpuh

Sungai Cimanuk Meluap, Fasilitas Umum Desa Babadan Indramayu Lumpuh

INDRAMAYU - Sungai Cimanuk terus meneror warga di bantaran. Termasuk di Desa Tulungagung, Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu.

Kesal karena tak kunjung ada perbaikan, Sabtu (28/2/2021) warga melakukan perbaikannya klep secara swadaya.

Sebab, kerusakan klep itu sebelumnya membuat warga harus mengungsi karena luapan air yang mencapai permukiman.

Sebelumnya, Sungai Cimanuk di ????hilir Brondong kembali meluap, Sabtu (27/2) dini hari pukul 02.00 WIB. Akibatnya, air merendam permukiman warga Desa Babadan, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu.

\"Sekitar pukul 02.00 dini hari, air luapan dari Sungai Cimanuk sudah masuk ke pemukiman warga. Paling tidak banjir di Babadan sudah kedua kalinya di bulan yang sama. Sampai pada akhirnya daerah ini sangat rawan dan menjadi langganan banjir,\" papar Ketua Karang Taruna Kecamatan Sindang, Fachrurazi.

Dirinya berharap besar agar aspirasi dari masyarakat yang sedari dulu mengharapkan normalisasi sungai segera cepat direalisasi. Mengingat banjir sering terjadi di Desa Babadan, Kecamatan Sindang.

\"Situasai yang terdampak banjir di wilayah Desa Babadan dengan ketinggian air kurang lebih rata-rata 80 sentimeter dan terdampak paling parah berada di wilayah Blok Dampyang dengan ketinggian air kurang lebih 1 meter,\" papar Pj Kuwu Desa Babadan, Mulyadi.

Untuk penanganan banjir, lanjut Mulyadi, masyarakat beramai-ramai menambak tanggul yang jebol dengan karung yang di isi pasir tanah. Kemudian membuka pintu air di lokasi Prajagumiwang sekaligus membersihkan eceng gondok.

Lalu buka tutup pintu air di Bendungan Bojongsari. Untuk situasi sekarang keadaannya sudah surut.

\"Sejak banjir kemarin, alhamdulillah kita punya tenda darurat dari Dinas Sosial itu dihibahkan untuk pemerintah desa. Itu bisa kami manfaatkan untuk pengungsian sementara,\" imbuhnya.

Untuk diketahui, selain banjir merendam pemukiman warga, ada sejumlah fasilitas umum yang terdampak banjir. Yaitu puskesmas, gedung PAUD, kantor kuwu Desa Babadan serta satu masjid. Akibatnya fasilitas umum sempat lumpuh. (jml)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: