Aprilia Manganang Divonis Laki-laki, Berikut Pemeriksaannya

Aprilia Manganang Divonis Laki-laki, Berikut Pemeriksaannya

JAKARTA - Kabar mengejutkan datang dari dunia voli Indonesia. Mantan atlet voli putri Indonesia, Aprilia Manganang ternyata berjenis kelamin laki-laki.

Atlet yang berpangkat sersan dua (serda) TNI itu menjalani pemeriksaan medis pada 3 Februari lalu oleh tim medis dari RSPAD Gatot Subroto.

Aprilia dipastikan berjenis kelamin laki-laki setelah didiagnosis mempunyai kelainan Hipospadia sejak ia lahir.

Sebelumnya, tersebar informasi bahwa kondisi fisik atlet 28 tahun itu mirip seperti laki-laki, akhirnya Aprilia dipanggil ke Jakarta untuk diperiksa.

\"Saya panggil, intinya saya ingin bantu. Karena tadi, Sersan Aprilia ini diklaim sebagai seorang wanita tapi fisiknya tidak seperti wanita,\" kata Andika, selaku Jenderal TNI.

Pemeriksaan melewati beberapa tahap, seperti rekam kesehatan, pemeriksaan hormon hingga pemeriksaan organ. Setelah tes medis selesai, pihak tim medis menyatakan bahwa Aprilia Manganang adalah seorang laki-laki.

\"Dari hasil itu, dilihat dari urologi, ternyata bahwa Sersan Manganang lebih memiliki organ jenis kelaminan laki-laki. Tak ada organ internal jenis kelamin wanita,\" tutur Andika.

\"Testosteronnya juga diukur sehingga secara faktual dan ilmiah kita yakin Manganang lebih miliki hormonal kategori normal laki-laki,\" lanjut Andika.

Disinggung masalah rekrutmen TNI yang dijalani Aprilia, Andika menuturkan bahwa Aprilia direkrut melalui rekrutmen khusus pada tahun 2016 lalu.

Itu karena Aprilia merupakan atlet berbakat dan mendapat tawaran langsung di satuan TNI AD tanpa menjalani pemeriksaan penuh.

\"Pemeriksaan kesehatan waktu 2016 itu ada program khusus rekrut mereka yang punya prestasi. Dan AD memutuskan untuk terima, lagi-lagi pemeriksaan tidak dilakukan selengkap yang kami gelar minggu lalu (3 Februari),\" kata Andika. (mid)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: