Jalani Operasi Korektif, Aprilia Manganang akan Jadi Laki-laki Seutuhnya

Jalani Operasi Korektif, Aprilia Manganang akan Jadi Laki-laki Seutuhnya

JAKARTA - Mantan atlet voli, Aprilia Menganang perlu menjalani operasi korektif sebanyak dua kali. Setelah tindakan di RSPAD Gatot Subroto tuntas, dia akan menjadi laki-laki seutuhnya.

Operasi korektif ini menindaklanjuti pemeriksaan media Aprilia yang memiliki kelainan pada sistem reproduksi atau yang disebut hipospadia.

Hal tersebut baru diketahui seusai pemeriksaan medis pada Februari 2021 di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Pemeriksaan medis itu diterima dan ditunggu oleh Aprilia.

Sebab, sejak kecil, pemain yang telah merebut berbagai gelar juara kompetisi bola voli tersebut merasa ada perbedaan antara dia dengan perempuan lain.

Setelah mundur dari voli tahun lalu, Aprilia berada di Manado. Andika kemudian memutuskan untuk memanggil pemain berumur 28 tahun itu ke Jakarta. TNI AD berupaya membantu Aprilia.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan, dari hasil pemeriksaan urologi, teryata Aprilia lebih memiliki organ-organ jenis kelamin laki-laki.

“Tidak ada organ-organ internal jenis kelamin wanita. Pemeriksaan hormonal normal, testoteron normal. Dia masuk dalam kategori normal laki-laki. MRI juga menyatakan yang sama,\" ujar Andika.

Andika mengatakan, yang diperlukan selanjutnya, karena kasus hipospadia serius, maka dilakukan operasi korektif sebanyak dua kali. Aprilia sudah menjalani operasi yang menjalani yang pertama.

“Operasi sesuai rencana, dan proses recovery juga bagus, tetapi belum ke luar rumah sakit,” katanya.

Setelah operasinya rampung, pemain voli asal Manado itu akan berada di komunitas ajudan jenderal. Aprilia akan menjadi bintara di komunitas ajudan jenderal. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: