WNA Dapat Ikut Vaksin Gotong Royong

WNA Dapat Ikut Vaksin Gotong Royong

JAKARTA-Warga Negara Asing (WNA) yang bekerja di Indonesia dapat mengikuti program vaksin gotong-royong alias vaksin mandiri. Tujuan utama vaksin gotong royong adalah mempercepat program vaksinasi di Indonesia mencapai target herd immunity.

\"Untuk WNA yang bekerja di perusahaan di Indonesia dapat mengikuti vaksinasi melalui program vaksinasi gotong royong,\" ujar Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Jakarta, Minggu (14/3).

Menurutnya, saat ini program vaksinasi nasional baru dilakukan untuk WNI. \"Pemerintah mengusahakan WNA untuk mengikuti program vaksinasi melalui program vaksinasi gotong royong. Implementasi vaksin ini adalah perusahaan dapat memberikan vaksinasi kepada pegawai dan keluarga mereka,\" imbuhnya.

Untuk memastikan suksesnya program vaksinasi, Wiku mengatakan bahwa Kementerian Kesehatan sedang mempertimbangkan vaksinasi secara drive thru. Terutama di luar Jakarta.

\"Targetnya adalah cover sebanyaknya orang yang dapat divaksinasi,\" ucapnya.

Seperti diketahui, perusahaan swasta yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) siap membayar hingga Rp1 juta per orang untuk pembiayaan program Vaksin Gotong Royong. Vaksin mandiri ini akan diberikan oleh perusahaan kepada karyawan atau buruh secara gratis.

\"Kami sudah sampaikan antara Rp500 ribu sampai Rp1 juta untuk satu set vaksin. Yakni dua kali penyuntikan,\" kata Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Internasional Kadin Shinta Widjaja Kamdani.

Jumlah tersebut untuk pembiayaan dua dosis vaksin dan juga seperangkat alat kesehatan sekali pakai yang digunakan dalam proses penyuntikan.(rh/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: