Penerimaan Pajak Membaik Jadi Indikator Pemulihan Ekonomi

Penerimaan Pajak Membaik Jadi Indikator Pemulihan Ekonomi

JAKARTA – Pemulihan ekonomi masih dalam proses bertahap. Namun, pemulihan ekonomi sudah mulai terasa. Hal ini terlihat dari penerimaan pajak yang mengalami perbaikan pada akhir Februari 2021.

“Melihat pergerakan, penerimaan pajak memang masih berada pada tahap proses pemulihan yang lebih lambat. Tapi kontraksinya (penerimaan pajak) sudah lebih kecil dibandingkan periode tahun lalu, dan menujukkan terjadi proses pemulihan ekonomi,” ujar Ekonom CORE Indonesia Yusuf Rendy Manilet, kemarin (23/3).

Sementara Ekonom CORE Piter Abdullah menambahkan pemulihan ekonomi mulai terjadi pada awal tahun ini. Indikatornya adalah dari realisasi penerimaan pajak yang tidak lagi kontraksi dibandingkan 2020.

“Pemulihan ekonomi sedang berjalan. Hal ini diindikasikan banyak hal seperti angka indeks Purchasing Managers’ Index (PMI) yang meningkat melewati batas 50 dan penjualan kendaraan bermotor serta properti yang meningkat,” ujarnya.

Mengutip data Kementerian Keuangan, penerimaan pajak sebesar Rp146,1 triliun per akhir Februari 2021. Adapun realisasi realisasi penerimaan pajak selama dua bulan pertama 2021 ini mengalami kontraksi 4,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. (din/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: