Harga Daging Bisa Tembus Rp180 Ribu/Kg

Harga Daging Bisa Tembus Rp180 Ribu/Kg

JAKARTA-Harga daging sapi diperkirakan bisa tembus hingga Rp180 ribu per kilogram (kg) ketika menjelang Lebaran Idul Fitri 2021. Mahalnya harga daging lantaran pasokan yang kurang. “Menjelang Lebaran bisa tembus Rp180 ribu. Ini karena permintaan yang lebih tinggi,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI), Asnawai, kemarin (23/3).

Harga daging, kata Asnawai, saat ini sudah tembus Rp140 ribu/kg. Sejak awal 2021 berkisar Rp130 ribu/kg. Artinya terjadi tren kenaikan, apalagi menjelang Lebaran nanti.

Adapun, stok sapi saat ini hanya ada 25 ribu ekor. Jumlah tersebut tak akan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan nasional menjelang Ramadan dan Lebaran.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi memperingatkan masyarakat bahwa harga daging sapi akan naik pada bulan puasa dan Lebaran pada pertengahan April hingga Mei mendatang. Namun, ia tak merinci pasti berapa besar kenaikan yang bakal terjadi.

Harga daging sapi naik karena terjadi kebakaran hutan yang terjadi pada 2019 silam di Australia. Kebakaran hutan membuat struktur ekspor dan stok daging sapi Australia terganggu. Kondisi ini berdampak langsung terhadap pasokan daging sapi ke Indonesia. (din/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: