RSP Sidawangi Berhias Menuju Global Green in Healthy Hospital

RSP Sidawangi Berhias Menuju Global Green in Healthy Hospital

CIREBON– Spesial! Itulah kata yang pantas disematkan kepada aksi Asal Gowes Radar Cirebon Group pada Sabtu (3/4) lalu. Sebab, tiga Srikandi Cirebon bergabung mengayuh pedal dari Sumber menuju RSP Sidawangi yang berada di perbatasan Kabupaten Cirebon dengan Kabupaten Kuningan.

Tiga srikandi yang ikut bergabung dalam gowes kali ini adalah Wakil Bupati Cirebon Hj Wahyu Tjiptaningsih, Wakil Walikota Cirebon Hj Eti Herawati dan Direktur RSP Sidawangi dr Lucya Agung Susilawati MARS. Mereka bertiga saling adu otot untuk mencapai garis finis.

Wakil Walikota Cirebon Hj Eti Herawati merasa takjub ketika datang ke RSP Sidawangi. Sebab, ketika pertama kali datang, situasinya belum seperti saat ini. \"Luar biasa, ini berkat kerja keras Ibu Dokter Lucya,\" ungkapnya.

Dia mengatakan, sebagai rumah sakit milik Provinsi Jawa Barat yang terletak di wilayah Ciayumajakuning, diharapkan dapat melayani masyarakat dengan baik. Pihaknya siap mempromosikan keberadaan RSP Sidawangi yang sudah melakukan transformasi.

\"Saya dan Ibu Wakil Bupati Cirebon siap mempromosikan RSP Sidawangi,\" katanya.

Sementara, Wakil Bupati Cirebon Hj Wahyu Tjiptaningsih sangat mengapresiasi perubahan yang dilakukan oleh RSP Sidawangi. Karena sudah berhasil merubah image, sehingga sangat layak untuk menjadi tempat penyembuhan berbagai macam penyakit. Tidak hanya penyakit paru-paru.

\"Kesan saya datang ke sini, seperti tidak sedang berkunjung ke rumah sakit, tidak ada kesan angker di sini. Udaranya sejuk, lingkungannya bersih dan yang paling penting adalah pelayanannya ramah,\" ungkapnya.

Direktur RSP Sidawangi, dr Lucya Agung Susilawati MARS menyampaikan bahwa rumah sakit yang saat ini tengah dipimpinnya punya tagline ‘Berhias’. Yakni; bersih, elok, rimbun, hijau, indah, asri, sejuk dan sehat.

\"Kami berusaha keras merubah kesan rumah sakit ini agar ramah terhadap pasien dengan memanfaatkan kondisi lingkungan yang ada,\" ucapnya.

Dengan tagline tersebut, lanjut Lucya, sebagai aplikasinya, RSP punya Healing Garden atau taman penyembuhan. Taman ini merupakan sebuah wahana rehabilitasi dan terapi secara fisik maupun non fisik yang didesain dengan dominasi unsur tanaman, bersifat tidak kompleks.

\"Jadi, dalam konsep global green in healthy hospital, Healing Garden harus ada. Ini karena belum ada anggarannya saja. Nanti akan kita bangun jogging track, dan fasilitasnya lebih lengkap lagi,\" imbuhnya.

Ke depan, dia berharap RSP Sidawangi bisa menjadi rumah sakit umum dan menjadi sarana wisata medis. \"Mudah-mudahan akhir tahun sudah bisa launching, tepat di hari ulang tahun rumah sakit ini,\" pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, RSP Sidawangi juga sudah ditunjuk oleh Bupati Cirebon sebagai tempat fasilitas layanan kesehatan untuk vaksinasi Covid-19 dengan sasaran lansia. Bahkan, untuk sararan lain pun, RSP Sidawangi sudah siap karena memiliki tempat yang luas dan sarana penunjang lainnya. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: