IHF Tunjuk Lebah Kecil sebagai Sekolah Koordinator Program Semai Benih Bangsa

IHF Tunjuk Lebah Kecil sebagai Sekolah Koordinator Program Semai Benih Bangsa

CIREBON-Dalam rangka meningkatkan kualitas PAUD, Kelompok Bermain hingga TK, PAUD Lebah Kecil Islamic Full Day School Kota Cirebon ditunjuk IHF (Indonesia Heritage Foundation) menggelar program Semai Benih Bangsa Akbar (SBB).
Kick Off Program Semai Benih Bangsa Akbar yang digelar IHF pada program SBB yang digelar Sabtu (24/4) diikuti PAUD se-Kota Cirebon dikoordinir PAUD-KB Lebah Kecil. Tidak hanya Kota Cirebon, penyelenggaraan serentak dilakukan di 7 Provinsi , mulai dari Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kaltara dan Papua mengikuti SSB ini secara virtual. Bahkan hadir sebagai Keynote Speaker Pendiri IHF yang juga Menteri ATR, Sofyan Jalil.

Kepala PAUD Lebah Kecil Islamic Full Day School, Ida Farida S. Mn mengatakan, program Semai Benih Bangsa Akbar ini dalam rangka meningkatkan kualitas guru untuk membangun tumbuh kembang dan karakter siswa PAUD/TK dengan model pendidikan holistik berbasis karakter.

Lebah kecil, kata Ida, pada kesempatan ini mendapatkan amanah ditunjuk sebagai sekolah koordinator, dan akan menjadi contoh dan pendampingan ke sekolah mitra di kota cirebon ada 16 sekolah dari TK, KB, dan RA yang sudah terpilih.

Ditunjuknya PAUD Lebah Kecil Kota Cirebon oleh IHF, kata Ida, karena IHF telah menjadi pelopor pendidikan karakter melalui pengembangan dan penerapan model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK). Model PHBK dirancang untuk mudah diterapkan di sekolah baik dari kalangan kelas atas maupun kelas bawah. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) dikembangkan yang berupa pembelajaran terpadu berbasis karakter (kurikulum tematik) untuk mempermudah guru dalam mengajar.
Dengan demikian, kata Ida, model PHBK dapat disebarluaskan untuk meningkatkan kualitas PAUD secara mudah dan tepat melalui sistem pelatihan yang dikembangkan oleh IHF. Sistem pelatihan PHBK yang dikembangkan IHF ini telah terbukti kualitasnya. Hal ini terlihat dari hasil penelitian independen dalam rangka mengevaluasi Program Pelatihan PHBK untuk guru TK menunjukkan hasil yang baik. Aspek yang dievaluasi meliputiRekrutmen Pelatihan, Jadwal Pelatihan, Fasilitas Pelatihan, Instruktur Pelatihan, Materi Pelatihan, Pelayanan Penyelenggaraan, Evaluasi Pelatihan.

“Semua aspek yang dievaluasi memiliki nilai rata-rata baik, nilai instruktur pelatihan 87,78 persen, dan materi pelatihan dengan nilai 88,33 persen,” ujarnya.
Ketua Yayasan Lukman Al Hakim, Astuti A. Md mengatakan, PAUD Lebah Kecil Islamic Full Day School Berdiri pada mei 2011, memiliki Motto lebah kecil adalah Bersamai Anak-Anak Dengan Cinta, Ajarkan Adab Sebelum Ilmu, Iman Sebelum Al Quran, Kenalkan Allah dan Rasul-Nya, Kenalkan Al Quran Sebagai Pedoman Hidup.

Melalui Program SBB, kata Astuti, diharapkan dapat menghasilkan kualitas siswa-siswa di Sekolah Koordinator dan Sekolah Mitra meningkat dalam berbagai hal, mulai dari Kualitas karakter anak, Kreativitas dan rasa percaya diri anak , Tumbuh kembang anak meliputi kognitif, bahasa, fisik motorik, visual, interpersonal, dan music.
“masih banyak sekolah PAUD/TK yang masih harus ditingkatkan kualitasnya, maka sasaran program yang ingin dicapai oleh IHF, dan Lebah Kecil siap membantu sebagai koordinator di Kota Cirebon,” pungkasnya. (abd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: