Masjid Ash Shamad, Unik Dibangun dari Bambu dan Atap Ijuk

Masjid Ash Shamad, Unik Dibangun dari Bambu dan Atap Ijuk

CIREBON - Salah satu masjid di Kota Cirebon memiliki bangunan yang sangat unik. Masjid tersebut adalah Masjid Ash Shamad.

Masjid tersebut berada di kawasan Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon. Masjid ini dibangunan pada tahun 2015 terbuat dari batang pohon bambu dan ijuk sebagai atapnya.

Masjid tersebut merupakan satu-satunya masjid bambu yang ada di Kota Cirebon. Keberadaannya seakan menjadi oase di tengah kota yang terkenal dengan cuaca panas.

Karena terkesan alami dengan konsep memadukan antara bambu dengan bebatuan. Bangunan dengan luas sekitar 370 meter persegi itu, kini selalu dikunjungi warga untuk melakukan salat.

Di dalam masjid sendiri terdapat sejumlah ornamen-ornamen unik lainnya berbahan kerang, juga dihias dengan sejumlah lampu untuk menguatkan kesan mewah.

Dewan Penasihat Masjid Ash Shamad, Watid mengungkapkan, konsep bangunan masjid dibuat agar saat melakukan ibadah merasa sejuk.

\"Kami sengaja membangun dengan konsep bambu dan bebatuan ini agar terlihat lebih alami dan sejuk. Apalagi di bulan Ramadan ini masjid bambu banyak dikunjungi umat muslim untuk beribadah, tadarusan, bahkan menanti saat berbuka puasa, karena ya di sini emang sejuk hawanya,\" ungkapnya.

Masih kata Anggota DPRD Kota Cirebon ini, meski atap masjid pakai ijuk tapi tidak bocor.

\"Alhamdulillah nggak bocor, karena atapnya berlapis. Masjid ini resmi dipakai 7 tahun yang lalu pada saat Ramadan dan langsung digunakan untuk ibadah Ramadan. Masjid ini juga dipakai untuk salat Jumat,\" katanya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: