Mahasiswa Ikut Memakmurkan Masjid

Mahasiswa Ikut Memakmurkan Masjid

CIREBON - Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Badan Pengelola Latihan Himpunan Mahasiswa Islam (BPL HMI) Cabang Cirebon, punya gawe di Ramadan 1442 H ini. Yakni ikut memakmurkan Masjid Al-Ikhlas, Jembar Agung Majasem, Kelurahan Karyamulya, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon.

Mereka mengadakan giat Ramadan selama satu minggu dari tanggal 24 April hingga 29 April 2021. Menginap di masjid ini dan mengambil bagian sebagai petugas masjid, mulai dari muazin, kultum, imam Salat Tarawih maupun fardhu, bilal, dan doa dalam salat berjamaah atau tarawih, serta tadarusan.

Menurut Yasir Sutisna, Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan BPL HMI Cabang Cirebon, kegiatan ini dilakukan karena organisasi ini merupakan organisasi berasaskan Islam dan sudah sewajarnya mengadakan momentum untuk kembali berbakti di masjid atau back to mosque. Sehingga, diadakan kegiatan dalam bentuk pengabdian untuk memakmurkan masjid.

“Dalam bulan yang suci ini, kami bersama-sama berbakti di masjid dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang harapannya memakmurkan masjid,” ujarnya.

Mahasiswa yang kebanyakan berasal dari IAIN Syekh Nurjati, Kota Cirebon ini, mengadakan beberapa kegiatan yang belum ada sebelumnya di masjid ini. Seperti tadarusan bakda Subuh, sahur bersama-sama masyarakat, dan buka bersama, sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat.

Dalam kegiatan yang pertama kali ini, panitia mengharapkan bahwa kegiatan ini akan bisa terus berjalan dan dilanjutkan oleh kader-kader BPL HMI di kepemimpinan selanjutnya. Selain itu, mengharapkan partisipasi dari masyarakat, khususnya mahasiswa untuk memakmurkan masjid di sekitarnya.

“Harapan khususnya untuk mahasiswa, dalam momentum bulan suci ini, kita harus bisa sama-sama memakmurkan masjid-masjid yang ada di Cirebon. Dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan mengabdikan diri di masjid yang ada,” tutupnya. (Jerrell)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: