Usir Warga palestina dari Masjid Al Aqsa, Indonesia Kutuk Israel

Usir Warga palestina dari Masjid Al Aqsa, Indonesia Kutuk Israel

JAKARTA – Dunia internasional termasuk Indonesia mengutuk aksi kekerasan yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina yang tengah beribadah di Masjid Al Aqsa saat malam Lailatul Qadar pada Jumat (7/5) malam waktu setempat. Akibatnya puluhan orang terluka.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia mengecam pengusiran paksa enam warga Palestina dari wilayah Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur. Kemlu melalui unggahan di Twitter-nya juga mengecam tindak kekerasan terhadap warga sipil Palestina di wilayah Masjid Al-Aqsa yang menyebabkan ratusan korban luka-luka dan melukai perasaan umat Muslim.

“Pengusiran paksa dan tindakan kekerasan tersebut bertentangan dengan berbagai resolusi DK PBB, hukum humaniter internasional, khususnya Konvensi Jenewa IV tahun 1949, dan berpotensi menyebabkan ketegangan dan instabilitas di kawasan,” cuit Kemlu, merujuk pada Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Pemerintah Indonesia mendesak masyarakat internasional segera melakukan langkah nyata untuk menghentikan pengusiran paksa warga Palestina dan penggunaan kekerasan terhadap warga sipil.

Kecaman juga dilayangkan Menteri Luar Negeri Malaysia Hishammuddin Hussein. Dikatakannya, Malaysia mengutuk keras serangan yang dilakukan tentara Israel.

“Tindakan kejam seperti itu tidak hanya harus dikutuk dengan keras namun Pemerintah Israel harus bertanggung jawab atas pelanggaran hak asasi manusia serta hukum internasional,” ujarnya.

Menurutnya, aksi Israel merupakan sebuah bentuk penghinaan terhadap umat Islam.

“Serangan ke Masjid Al-Aqsa dengan menjadikan sasaran para peziarah yang sedang melakukan sholat di hari-hari terakhir Ramadhan merupakan bentuk penghinaan terhadap umat Islam dan nilai-nilai kemanusiaan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: