Pamatwil Polda Jabar Kunjungi Posko Penyekatan Majalengka

Pamatwil Polda Jabar Kunjungi Posko Penyekatan Majalengka

MAJALENGKA-Hari kelima larangan mudik Lebaran 2021, Selasa (11/5), ratusan kendaraan yang datang di Kabupaten Majalengka dipaksa untuk putar balik. Tercatat, ada sekitar 885 kendaraan yang diminta untuk berbalik arah oleh petugas.

Kapolres Majalengka AKBP Syamsul Huda, melalui Paur Subbag Humas Polres Majalengka, Aipda Riyana mengatakan, sasaran penyekatan adalah kendaraan dengan nomor polisi di luar wilayah Majalengka.

“Jika kepentingannya murni mudik dan tidak membawa surat perjalanan yang telah ditentukan maka dengan tegas akan diputar balik,” ungkapnya.

Riyana juga mengungkapkan, total kendaraan yang diperiksa selama lima hari larangan mudik ada sejumlah 4.033 kendaraan baik roda dua maupun roda empat. “Dan yang kami minta untuk putar balik ada 885 kendaraan,” jelasnya.

Lebih lanjut, dikatakan Riyana, Operasi Ketupat Lodaya 2021 tersebut, digelar sebagai upaya polisi menjaga keamanan masyarakat selama Ramadan. Selain itu, operasi ketupat juga bertujuan mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Menurutnya, pengawasan tidak hanya dilakukan di jalur utama, tetapi juga di jalan antara perbatasan Kabupaten Majalengka dengan kabupaten/kota lainnya dan terus diawasi oleh petugas gabungan selama 24 jam.

“Kami mengimbau kepada masyarakat tetap di rumah saja. Tidak perlu mudik. Ini semua dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai penularan Covid-19,\" imbaunya dalam operasi penyekatan di pintu masuk Kabupaten Majalengka.

Terpisah, Tim Pamatwil Polda Jabar melakukan kunjungan ke pos penyekatan dan pengamanan serta pos pelayanan di wilayah hukum Polres Majalengka tepatnya di Perbatasan Malausma-Sukamantri Ciamis.

Dalam kunjungan tersebut dipimpin oleh Auditor Madya Tk III Kombes Pol Wahyu Wim Harjanto, didampingi Kabag Ren Progar Rorena Polda Jabar AKBP Hendra Suherlan.

Kedatangan Tim Pamatwil langsung disambut oleh Kasat Narkoba Polres Majalengka AKP Udiyanto selaku Pamendal Wilayah Selatan, Padal Pos Malausma-Sukamantri Ciamis Iptu Agus Malik, Camat Malausma Dani Lutfi, Danramil Bantarujeg-Malausma Kapten Inf Nana, beserta anggota Pospam Ops Ketupat Lodaya 2021.

Pada kesempatan tersebut, Kombes Pol Wahyu Wim Harjanto selaku Pamatwil Majalengka meminta, petugas Pospam untuk melaksanakan tugas sesuai dengan SOP dan Sasaran Operasi Ketupat Lodaya 2021 dengan melakukan penyekatan kendaraan yang melaksanakan mudik Lebaran. “Saya berpesan agar tetap menjaga keselamatan dan kesehatan dalam bertugas, laksanakan tugas dengan ikhlas, tetap jaga keselamatan dan kesehatan tetap patuhi protokol kesehatan,” katanya. (bae)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: